BREAKING NEWS :
Mode Gelap
Artikel teks besar

Kemungkinan Pembukaan Pendaftaran CASN 2023 Diundur

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan kemungkinan pengunduran tanggal pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023.

Foto : Milik BKN

Jadwal pendaftaran seleksi CASN 2023 kemungkinan diundur dari semula 17 September 2023 menjadi 19-20 September 2023. (17/9/23).

Deputi Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen memperkirakan jadwal pembukaan itu bisa mundur hingga 2 hari dari jadwal yang sudah ditetapkan.

"Kalau bicara agak pesimis, ada potensi mundur dalam 1 sampai 2 hari ke depan," kata Suharmen dalam konferensi pers Kesiapan Infrastruktur Teknologi Informasi Seleksi CASN 2023, di kanal YouTube BKN, dikutip pada hari Jumat (14/9/2023).

Suherman menegaskan penyebab molornya jadwal pendaftaran itu dikarenakan masih banyak kementerian dan lembaga yang belum menyerahkan hasil verifikasi dan validasi mengenai jumlah formasi CASN yang akan mereka buka tahun ini.

Terkait dengan jumlah formasi CASN 2023, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sebenarnya telah mengumumkan akan membuka 572.496 formasi untuk CASN 2023 di 72 instansi pemerintah pusat dan daerah.

Tiap instansi sebenarnya diharuskan memverifikasi dan memvalidasi jumlah ASN yang mereka butuhkan. Artinya, jumlah formasi yang dibuka sampai saat ini belum fixed.

"Kalau saya lihat dari data saat ini jumlahnya yang sudah melakukan final formasi itu sangat sedikit," kata Suharmen.

Untuk itu, BKN telah mengirimkan surat kepada seluruh kementerian dan lembaga yang membuka lowongan CASN 2023. Dalam suratnya, dia meminta melakukan percepatan proses verifikasi dan validasi formasi.

"Kami harap dengan diterbitkannya surat ini akan mendorong instansi untuk melakukan percepatan verifikasi dan validasi," ujarnya.(*)

Posting Komentar