GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Waspada, Ini Lima Penyebab Penyakit Asam Urat di Usia Muda

Waspada, Ini Lima Penyebab Penyakit Asam Urat di Usia Muda

Daftar Isi
×

Penyakit asam urat diketahui biasanya menyerang lansia lansia dan orang orang dewasa, tapi jangan salah asam urat pada usia muda biasanya ditandai dengan serangan nyeri, pembengkakan, kemerahan, dan nyeri tekan yang tiba-tiba dan parah pada satu atau beberapa sendi

Foto ilustrasi

Dilansir dari laman Mayo Clinic Penyebab asam urat di usia muda biasa dipicu oleh sejumlah kebiasaan buruk berikut sederet pemicunya:

1. Konsumsi Makanan Tinggi Purin
Penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan yang tinggi purin seperti daging merah, unggas, seafood, jeroan, dan kacang-kacangan termasuk kacang tanah, kacang polong, kacang merah, kedelai, dan polong-polongan.

Selain itu, hindari sayuran hijau seperti asparagus, kol, daun pepaya, buncis, kangkung, daun singkong, jamur kuping.

2. Kelebihan Berat Badan
Kelebihan berat badan dapat melipatgandakan kemungkinan terkena asam urat. Pada umumnya, obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi adalah kondisi yang biasa terlihat bersamaan.

Jika ketiga kondisi tersebut terdapat pada pasien yang sama, maka disebut juga sebagai sindrom metabolik. Pasien dengan kondisi ini sering kali mengalami peningkatan asam urat dalam darahnya.

3. Minum Soda
Konsumsi makanan atau minuman berpemanis tambahan bisa meningkatkan kadar asam urat. Minuman tinggi gula, seperti soda, terbukti meningkatkan asam urat, baik pada pria maupun wanita. Minuman soda mengandung sirup jagung fruktosa tinggi.

Orang dengan asam urat atau berisiko asam urat sebaiknya mengurangi minum soda atau memilih minuman soda rendah gula.

4. Jarang Minum Air Putih
Air putih berperan penting dalam membantu kinerja ginjal untuk menyaring asam urat dan mengeluarkannya dalam bentuk urine. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal akan bekerja lebih keras dan kesulitan untuk melakukan proses penyaringan.

Alhasil, kandungan asam urat menjadi menumpuk pada tubuh dan meningkatkan risiko terserang penyakit asam urat.

5. Konsumsi Alkohol
Alkohol jenis apa pun dapat menyebabkan asam urat karena menurunkan kemampuan ginjal untuk menyaring asam urat dan dapat mengakibatkan penumpukan.

Minuman beralkohol purine tinggi seperti bir, juga dapat menyebabkan kadar asam urat yang lebih tinggi. Ini merupakan faktor risiko asam urat lainnya.+()

0Komentar