GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Ribuan Bola Tar Terdampar, Pantai Sydney Ditutup Sementara

Ribuan Bola Tar Terdampar, Pantai Sydney Ditutup Sementara

Daftar Isi
×

Ribuan bola hitam terdampar di Pantai Coogee, Sydney, dan diidentifikasi sebagai bola tar, yang mengandung polutan berbasis hidrokarbon. Polutan ini dapat bersifat karsinogenik dan beracun.

Ribuan Bola Tar Terdampar, Pantai Sydney Ditutup Sementara

Melansir dari New York Post, Kamis (17/10/2024), Dewan Kota Randwick menutup Pantai Coogee dan Gordons Bay sampai pemberitahuan lebih lanjut. Pembersihan besar-besaran sedang dilakukan oleh para ahli higienis dan kontraktor limbah.

Walikota Randwick, Dylan Parker, mengatakan ratusan bola tar ditemukan di sepanjang pantai. Penjaga pantai melihat bola-bola tersebut terbawa arus di Pulau Wedding Cake.

Meskipun asal muasal polusi belum diketahui, dugaan awal menunjukkan kemungkinan tumpahan minyak di laut. Parker berterima kasih kepada masyarakat yang tetap menjauh dari pantai selama penyelidikan dan pembersihan berlangsung.

Bola tar ini kemungkinan besar terbentuk selama berbulan-bulan di laut, membuatnya bulat dan halus. Para ahli lingkungan mengatakan bola tar ini kemungkinan disebabkan oleh tumpahan minyak kecil, namun belum ada bukti pasti mengenai tumpahan minyak skala besar.

Ahli biologi kelautan Lawrence Chlebeck memperingatkan bola tar berpotensi berbahaya jika disentuh, seperti kontak langsung dengan bahan bakar fosil. Uji laboratorium akan menentukan bahan kimia di dalam bola-bola ini, yang mungkin menunjukkan asal polutan.

Meski bola tar terdampar di Coogee dan Gordons Bay, pantai-pantai sekitar diimbau waspada terhadap kemungkinan kemunculan bola serupa. Pembersihan dan investigasi masih berlangsung, dan otoritas berkoordinasi dengan Badan Perlindungan Lingkungan NSW. (*)

0Komentar