GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Puluhan Masyarakat Lintas Tokoh Ikuti Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Panwascam Tempuran

Puluhan Masyarakat Lintas Tokoh Ikuti Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Panwascam Tempuran

Daftar Isi
×
Sebanyak 45 masyarakat lintas tokoh dari 14 Desa se Kecamatan Tempuran, ikuti kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang di gelar Panwascam Kecamatan Tempuran, Senin 14 Oktober 2024. Bertempat di Aula PGRI Koorwilcambidik Tempuran, sosialisasi yang mengedukasi wawasan kepengawasan bagi unsur masyarakat itu, di buka langsung Divisi HP2M Bawaslu Karawang Ade Permana dan menghadirkan 2 Pemateri, baik dari unsur Kepolisian maupun Aktivis Media dari Redaksi Pelitakarawang.com.

Nampak hadir pula dalam kesempatan tersebut Unsur Muspika Kecamatan yang di wakili Kasie Trantibum, Danpos Koramil Rawamerta dan wakil dari Polsek Tempuran, Aiptu Ujang Sutrisna. 

"Kita memiliki personil pengawas yang terbatas dalam setiap tahapan Pilkada baik Bupati - Wakil Bupati maupun Gubernur dan Wakil Gubernur, meskipun itu tersebar di 309 Desa/Kelurahan dan 30 Kecamatan. Sehingga, menyempurnakan peran-peran pengawasan, dalam Peraturan Bawaslu Nomor 2 Tahun 2023, ada kontribusi pengawasan yang diharapkan datang dari unsur masyarakat, inilah yang kemudian kita katakan pentingnya sosialisasi partisipatif yang di khususkan bagi semua elemen masyarakat untuk sama-sama mengawasi jalannya Pilkada di lapangan, " Kata Komisioner Bawaslu Karawang, Ade Permana SH. 

Pengawas Partisipatif sendiri, sebut Ade Permana adalah pengawasan dengan melibatkan unsur masyarakat pemilih lintas tokoh dan perwakilannya, hal ini bertujuan untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses pengawasan pemilu. Maka dengan ini tambahnya, masyarakat tidak hanya menjadi pemilih, tetapi juga berperan sebagai pengawas yang turut mengawal jalannya Pilkada agar berlangsung sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Adapun tujuan lainnya adalah masyarakat ikut serta mendorong terciptanya proses pemilu lebih transparan dan akuntabel dengan membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan pengawasan pemilu secara efektif. 

"Serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilu dengan memastikan bahwa setiap tahapannya diawasi dengan baik oleh publik, " Ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mahmud Ketua Panwascam Tempuran menghaturkan terimakasih atas kehadiran masyarakat baik tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh tani, tokoh nelayan, tokoh perempuan dan komunitas lainnya yang berkenan meluangkan waktu ikuti kegiatan yang di gelar Panwascam. Semoga, materi dan arahan dalam sosialisasi pengawasan partisipatif ini, ikut mendorong peran serta masyarakat dalam membantu tugas-tugas pengawasan semua tahapan Pilkada, khususnya di Kecamatan Tempuran. 

"Terimakasih atas keseidaan dan perkenan hadir. Mari bersama Bawaslu awasi Pilkada agar melahirkan demokrasi yang damai, kondusif dan aman, " Pesannya. (Rd)

0Komentar