GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Progres Positif DAK, Pokmas SDN Pulomulya 2 Pastikan Rehabilitasi Gedung Tuntas Sesuai Target !

Progres Positif DAK, Pokmas SDN Pulomulya 2 Pastikan Rehabilitasi Gedung Tuntas Sesuai Target !

Daftar Isi
×

Selain rapi dalam penataan data pokok pendidikan (Dapodik) dan progres raport pendidikan yang memenuhi indikator 'hijau' selama setahun terakhir, menjadikan SDN Pulomulya 2 Kecamatan Lemahabang mendapati program rehabilitasi gedung dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024 dari Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 

Foto : Tahap 1, Proses Rehabilitasi dan Pembangunan Gedung SDN Pulomulya 2 dari DAK Kementrian Pendidikan di Pastikan tuntas sesuai target

Tak tanggung, SD paling utara di Kecamatan Lemahabang yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Tempuran ini, mendapati sedikitnya 6 kegiatan program, mulai dari rehab hingga pembangunan ruang kelas baru (RKB) dengan total anggaran sekitar Rp1,3 Milyar.

Walhasil, anggaran APBN yang di kucurkan tiga tahap melalui Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang di bentuk Pemerintah Desa melalui Kades itu, terus di garap oleh sekitar 34 tukang sesuai target yang berpedoman pada Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang ditetapkan pemerintah. 
Bahkan, selama pengerjaan, proyek swadaya DAK pusat ini di monitor langsung Fasilitator dan Pejabat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang. 

"Anggaran yang baru turun ditahap awal hanya 25 persen dengan target pembangunan 30 persen hingga 5 Oktober pelaporan. Alhamdulillah, dengan jumlah 34 tukang sejak awal dan dibantu pengawasan dari fasilitator, kita kerjakan sesuai jadwal dan target yang ditetapkan, " Kata Ketua Pokmas SDN Pulomulya 2, H Ahmad Saripudin kepada Pelitakarawang.com, Kamis 3 Oktober 2024. 

Lebih jauh Haji Endin, sapaan akrabnya menambahkan, karena ada 6 kegiatan dalam pembangunan program DAK ini, yaitu rehabilitasi 2 ruang kelas dan guru dan ruang kelas baru yang terdiri dari 1 ruang perpustakaan, ruang laboratorium dan ruang UKS, maka sejumlah kegiatan belajar mengajar di alihkan ke ruangan di samping, bahkan satu kelas diantaranya belajar sementara di rumahnya demi kelancaran proses pengerjaan. Ia pastikan, bahwa tahap pertama dengan anggaran Rp25 persen, sudah nampak hasil 30 persen dan siap untuk pelaporan progresnya. Kemudian, menunggu tahap 2 sekitar 45 persen dan tahap 3 atau terakhir 30 persen. 

"Insha Allah, tiga tahap pencairan DAK ini progres pembangunan tuntas di awal Desember 2024 sebagaimana target jadwal kalender pembangunan, " Katanya. 

Kepala SDN Pulomulya 2, Neni Nuraeni S.pd mengatakan, pihak sekolah sangat mengapresiasi kinerja tim pokmas atas progres pembangunan program DAK 2024 di sekolah. Sejak awal, diakui Neni, pihak sekolah sudah memberikan kabar rencana bantuan dari pemerintah pusat ini pada orangtua/wali murid melalui rapat-rapat komite dan awal tahun ajaran. Wal hasil, pihak sekolah bersama orangtua/wali murid sangat apresiasi dan mendukung program pemerintah ini dan siap menjaga amanah ini untuk kenyamanan proses belajar mengajar para siswa di sekolah. Karenanya, sebut Neni, Pokmas yang di dampingi Fasilitator, sangat teliti dan menjadikan detail pembangunan sebagaimana yang tertuang dalam RAB, sehingga jadwal kalender untuk 6 kegiatan ini, diyakininya tuntas sesuai target. 

"Ini program pemerintah, dikerjakan oleh pokmas yaitu masyarakat dan juga beberapa wali murid yang diberdayakan, pihak sekolah juga mensupport. Jadi, kita komitmen jaga amanah ini dengan progres pembangunan yang berkualitas, tepat waktu, tepat sasaran dan penuh tanggungjawab. Alhamdulillah, kita puas atas kinerja Pokmas, insha Alloh, optimis sesuai target," Katanya. 

Neni menambahkan, setiap tahapan proses pembangunannya, pihak pokmas sangat komunikatif dalam berkoordinasi. Semuanya terbuka, karena rehab dan pembangunan ini adalah dipersembahkan yang terbaik untuk orangtua/wali murid, siswa dan masyarakat Pulomulya. Dirinya, sebut Neni, menghaturkan terimakasih kepada Disdikpora, Koorwilcambidik dan juga organisasi mitra yang sudah mensupport dan saling berkoordinasi baik monitoring dan pengawasannya untuk kelancaran proses pembangunan di SDN Pulomulya 2. 

"Fasilitator dari Dinas juga sering memonitor, sehingga setiap kendala dan kekurangan mampu di sempurnakan demi kelancaran rehabilitasi sekolah ini sesuai target, " Tutupnya. (Rd)

0Komentar