Breaking News
---

Masa Kampanye Panjang, PKD se Kecamatan Tempuran di Ingatkan Siap Mental Pengawasan


Panwascam Tempuran kumpulkan semua Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) dari 14 Desa Rabu 7 Oktober 2024. Mereka di edukasi pengawasan masa kampanye Pilkada yang mulai berlangsung sejak 20 September sampai dengan 23 November 2024 dalam Rapat Pembinaan dan Koordinasi yang di selenggarakan di Aula PGRI Koorwilcambidik Kecamatan Tempuran. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Komisioner Bawaslu Karawang, Muspika Kecamatan yang di wakili Kasie Trantib dan dua Narasumber. 

"Semoga dengan pembinaan dan koordinasi ini, pengawas di tingkat desa semakin kuat mental pengawasan ditengah masa kampanye Pilkada Bupati - Wakil Bupati maupun Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang dinamikanya begitu kompleks dan panjang waktunya ini. Setidaknya, wawasan dari esensi PKPU Nomor 13 tahun 2024 dan juga Perbawaslu Nomor 6 Tahun 2024 semakin bertambah pengetahuannya untuk di aplikasikan dalam tugas - tugas pengawasan di lapangan, " Kata Ketua Panwascam Tempuran Mahmud. 

PKD Desa Tempuran, Ghazalie mengatakan, dalam tugas-tugas kepengawasan, pihaknya di tuntut memahami tugas pokok dan fungsi pengawasan dalam pembinaan ini yang meliputi aspek Cegah, Awasi dan tindak. Pihaknya, sebut Ghazali, mempertanyakan terkait tindakan yang di maksud sebagai PKD sebagai langkah-langkah responsif yang diambil dalam menanggapi potensi dan pelanggaran yang ditemukan. Maka paska pembinaan ini, ia faham, bahwa tindak yang di maksud adalah PKD yang dalam aturan domainnya adalah lingkup desa, maka harus mampu melayani reaksi masyarakat yang melapor, menyiapkan formulir yang disediakan sebagai bahan laporan, hingga menindak potensi pelanggaran dalam setiap tahapan Pilkada di ruang wilayah desa, termasuk pelaksanaan pemungutan suara jika ada unsur-unsur yang kurang sempurna di laksanakan penyelenggara seperti PPS dan KPPs di Desa. 

"PKD berperan penting di tingkatan desa, penguatan ini bermanfaat sebagai bekal menjalankan tugas pengawasan di lapangan maupun dunia Maya, " Tandasnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan