GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Ini Daftar Makanan Terpedas di Dunia, Indonesia Salah Satunya!

Ini Daftar Makanan Terpedas di Dunia, Indonesia Salah Satunya!

Daftar Isi
×

Beberapa negara miliki hidangan khas yang rasanya terkenal sangat pedas. Dari Indonesia, ada otak-otak yang masuk daftar makanan terpedas di dunia.

Foto ilustrasi: kotak-kotak

Makanan pedas terasa menyiksa untuk mereka yang tidak toleran terhadap rasa pedas atau memang tingkatan pedasnya sudah ekstrem. Makanan pedas dari berbagai negara dunia tetap disukai, bahkan laris diburu oleh para penikmatnya.

Meskipun menyiksa, tetapi tidak sedikit orang menyukai makanan ini. Bahkan, makanan tradisional di beberapa negara juga memang ada yang khusus disajikan dengan rasa pedas.

Belum lama ini, laman Espresso mengunggah deretan makanan terpedas di dunia. Di antara banyaknya pilihan, ternyata otak-otak Indonesia masuk ke dalam daftar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet makanan terpedas di berbagai negara, antara lain:

1. Otak-otak Indonesia

Siapa sangka otak-otak Indonesia masuk ke dalam daftar makanan terpedas di dunia. Hidangan ini terbuat dari daging ikan tenggiri cincang yang dibungkus daun pisang.

Secara umum, makanan ini disajikan dengan saus kacang atau kuah asam pedas. Terkadang saus kacang yang disajikan juga punya rasa pedas yang mungkin tidak bisa ditolerir banyak orang.

Tak hanya otak-otak biasa, ada juga otak-otak khas Kepulauan Riau yang unik dan terkenal lebih pedas. Sebab, adonannya menggunakan bumbu campuran cabai, bawang, kunyit, dan serai.

Beberapa juga menambahkan bahan selain ikan, seperti daging kepiting, udang, dan sotong. Daun untuk membungkus otak-otak biasanya memakai daun kelapa atau nipan.

2. Jerk Chicken

Jerk Chicken merupakan hidangan khas Jamaica. Berupa ayam yang direndam dalam bumbu selama beberapa jam, lalu dipanggang.

Rasa pedasnya berasal dari penggunaan beberapa jenis rempah seperti jalapeno, pimento, hingga beberapa jenis cabai lainnya. Bumbu rempah pedas itu ditaburi ke ayam, lalu ayam dimarinasi selama 12 sampai 24 jam.

Hidangan ini pun memiliki tingkat kepedasan antara 80.000 sampai 400.000 Scoville. Meskipun pedas, tetapi makanan ini tetap diminati oleh banyak orang.

3. Vindaloo

Hidangan khas India juga banyak yang mirip dengan Indonesia dimana bumbu rempah pedas jamak dipakai.

Vindaloo menjadi salah satu masakan India yang terkenal pedas. Berupa kari berbahan daging, bisa ayam atau kambing yang direndam dalam bumbu rempah semalaman. Kemudian baru dimasak dengan rempah-rempahan tambahan lainnya.

Rasa rempah-rempahnya begitu tajam, dengan sentuhan cabai kering. Tingkat kepedasannya pun disebut-sebut punya rasa kuat sampai ke dalam tulang ayam atau kambingnya.

4. Doro wat

Dari Ethiopia ada hidangan bernama doro wat yang terkenal pedas. Secara tradisional hidangan ini disajikan dengan roti pipih Ethiopia bernama injera. Roti ini mirip pancake, biasanya dibuat dengan tepung teff (biji-bijian asli daerah tersebut), lalu adonannya difermentasi sampai 4 hari.

Injera digunakan sebagai pengganti alat makan seperti untuk menyendok sup ayam. Kunci dari doro wat yang autentik dan nikmat adalah berbere yang berkualitas baik dan beraroma. Untuk mendapatkan hal tersebut, harus dimasak sangat lama.

Bahan utama berbere yaitu campuran rempah Ethiopia yang pedas, berwarna merah terang, dan beraroma. Paling enak dibuat segar dengan menggunakan rempah utuh yang dipanggang dan digiling untuk mendapat rasa maksimal.

5. Hot wings

Hot wings merupakan ikon kuliner Amerika. Disukai banyak orang di seluruh dunia karena cita rasanya.

Hot wings berupa sayap ayam yang diberi tambahan berbagai macam bumbu pedas, mulai dari cabai habanero, cabai rawit, dan bubuk cabai. Racikannya mampu membuat para pemburu pedas kepedasan.

Seiring berjalannya waktu, inovasi lain mulai muncul dengan tingkat kepedasan yang lebih tinggi lagi. Bahkan, tidak sedikit restoran yang mengadakan tantangan makan hot wings dengan tingkat pedas ekstrem.(*)

0Komentar