Breaking News
---

Panen Perdana Tambak Tanjung Jaya: Wujud Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Muara

Program pemulihan mata pencaharian masyarakat yang terdampak pembangunan PLTGU Jawa Satu Power, proyek kerja sama antara Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) dan PT Jawa Satu Power (JSP) telah memasuki tahap panen pertama Tambak Tanjung Jaya Desa Muara Kecamatan Cilamaya Wetan, Selasa 3 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Program Livelihood Restoration Project (LERES) yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui budidaya tambak yang berkelanjutan.

Foto : Kegiatan Panen Tambak Perdana di Tanjungjaya Desa Muara Kecamatan Cilamaya Wetan

Program ini dimulai pada bulan Maret 2024 dengan pembuatan demplot tambak bandeng yang menggunakan sistem tumpangsari serta pakan kombinasi antara pakan alami dan intensif. Sebanyak 10.000 ekor benih bandeng, 100 kg benih nila, dan 40.000 ekor benih udang windu ditebar di tambak ini pada bulan April 2024. Setelah menjalani masa pemeliharaan selama lima bulan, hari ini tambak tersebut siap untuk dipanen.

Kegiatan panen ini melibatkan 17 orang nelayan dan petambak yang merupakan penerima manfaat dari Program LERES. Selain memanen hasil tambak, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengevaluasi produktivitas tambak dan memberikan pelatihan serta pengalaman kepada masyarakat dalam proses panen.

Foto : Kegiatan Panen Tambak Perdana di Tanjungjaya Desa Muara Kecamatan Cilamaya Wetan

Acara yang berlangsung di Dusun Tanjung Jaya, Desa Muara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk tim dari Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) sebagai fasilitator, tim dari PT JSP sebagai pemilik program, serta Kepala Desa Muara, Iyos Rosita, yang turut memberikan sambutannya. Kehadiran media juga turut mendukung penyebaran informasi mengenai keberhasilan program ini.

"Pencapaian program ini cukup membanggakan bagi saya. Panen perdana ini bukan hanya wujud dari keberhasilan budidaya tambak, tetapi juga bukti dari upaya bersama antar pihak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Muara," ungka Tig Julianto, Community Relations and Security Manager PT JSP.
Foto : Kegiatan Panen Tambak Perdana di Tanjungjaya Desa Muara Kecamatan Cilamaya Wetan

Ditempat yang sama Kepala Desa Muara, Iyos Rosita, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam kesuksesan program ini. "Panen perdana tambak ini merupakan langkah nyata dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Muara. Kami berharap tambak ini terus dikelola dengan baik dan menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan bagi masyarakat. Kerja sama seperti ini sangat penting untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi desa kami." Ujarnya. 

Iyos menambahkan, pihaknya juga mendukung tim PUPUK dan JSP dalam meningkatkan perluasan dan peningkatan produksi ikan tambak di Muara bagi masyarakat nelayan, terutama dalam upaya mendatangkan ahli dan penyuluh perikanan dalam setiap progres pertumbuhan ikan di tambak. 

"Kami juga support setiap upaya dalam peningkatan produksi ikan tambak di Muara yang dilakukan Tim Pupuk dan JSP, " Ujarnya.

Acara ini ditutup dengan tur tambak, sesi tanya jawab, dan ramah tamah yang diiringi dengan makan siang bersama. Hasil panen secara simbolis diserahkan kepada masyarakat penerima manfaat sebagai bentuk dukungan dan apresiasi atas kerja keras mereka dalam menjaga tambak selama masa pemeliharaan.

Melalui program ini, diharapkan kesejahteraan masyarakat Desa Muara dapat terus meningkat seiring dengan penerapan pengelolaan tambak yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan