Breaking News
---

Dapat Izin dari Mendagri dan KASN, Asep Aang Resmi Dilantik Jadi Sekda Definitif Pemkab Karawang

Usai mengantongi persetujuan dan izin tertulis dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) beserta Pj Gubernur Jawa Barat hingga Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Karawang, H. Asep Aang Rahmatulloh resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) definitif di lingkungan Pemkab Karawang.
Foto : H.Asep Aang Resmi Dilantik Jadi Sekda Definitif Pemkab Karawang


Pelantikan Asep Aang sebagai Sekda definitif Pemkab Karawang, dilakukan oleh Bupati Karawang, H. Aep Syaefulloh di Aula Husni Hamid Kompleks Plaza Pemkab Karawang pada Jum'at (6/9) siang tadi.

Seperti yang dikatakan oleh Bupati Karawang, H. Aep Syaefulloh mengungkapkan, bahwa pelantikan Asep Aang yang diangkat jadi Sekda Karawang tersebut, sudah melalui mekanisme manajemen talenta (talent pool) yang pelaksanaanya telah mendapatkan persetujuan dari KASN di dalam surat rekomendasinya per tanggal 20 Agustus 2024 kemarin kepada Pemkab Karawang.

"Jadi pada saat manajemen talenta itu dilaksanakan, ada 6 orang pejabat di Karawang yang ikut mendaftar. Dan sampai pada prosesnya, terpilih lah nama 3 besar yang diantaranya itu Kepala Bapenda Karawang Asep Aang Rahmatullah, Asda 1 sekaligus Pj Sekda Eka Sanatha, serta Kepala Disdukcapil Bambang Susetyo. Lalu akhirnya terpilih lah satu nama yang dipilih untuk menjadi Sekda definitif Pemkab Karawang, yakni Asep Aang Rahmatullah," ungkap Bupati Aep di Karawang. 

Selanjutnya, Bupati Aep menyebut, bahwa Pemkab Karawang mendapat tembusan surat dari Pj Gubenur Jawa Barat per tanggal 26 Agustus yang berisikan pemohonan persetujuan untuk pengangkatan dan pelantikan Sekda di Pemkab Karawang ke Kementerian Dalam Negeri.
Foto : H.Asep Aang Resmi Dilantik Jadi Sekda Definitif Pemkab Karawang

"Kemudian, lanjutnya, izin tertulis dari Mendagri turun ke Karawang per tanggal 4 September 2024 kemarin, sehingga pada 6 September 2024 ini pihaknya secara resmi bisa melakukan pelantikan terhadap sekda defenitif," ulasnya.

Dalam sambutan pidatonya juga, Bupati Aep menyampaikan, bahwa Sekda yang baru dilantik ini harus bisa menjadi penggerak perbaikan dan inovasi kerja perangkat daerah dan ASN, agar percepatan serta pemerataan pembangunan bisa benar-benar dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.
Foto : H.Asep Aang Resmi Dilantik Jadi Sekda Definitif Pemkab Karawang

"Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karawang harus menciptakan inovasi dan pengembangan yang baik dalam pembangunannya, karena rakyat menunggu kita," kata Aep saat memberikan sambutan.

Ditegaskan Bupati Aep juga, bahwa semua prosesi pengisian dan pelantikan jabatan kosong di lingkungan Pemkab Karawang ini didasari dengan aturan yang berlaku sebagaiamana mestinya, termasuk izin tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

"Sehingga dapat saya pastikan, bahwa BKPSDM Kabupaten Karawang tidak ada lobi-melobi atau bayar-membayar proses memilih pejabatnya, apalagi jual-beli soal jabatan, semua itu dipastikan tidak ada. Dan ini sudah dibuktikan," kata Aep menegaskan.
Foto : H.Asep Aang Resmi Dilantik Jadi Sekda Definitif Pemkab Karawang

Berdasarkan informasi yang dihimpun, izin tertulis yang dikeluarkan oleh Mendagri tersebut rupanya menjadi hal yang paling penting. Karena baik dalam UU No 10 Tahun 2016 yeng manjadi aturan terbaru UU Pilkada, lalu PKPU No 2 Tahun 2024, termasuk SE Mendagri terbaru, semuanya berisi tentang pengisian jabatan kosong di pemerintahan daerah yang akan melaksanakan Pilkada, hanya dapat dilaksankan jika mendapat persetujuan atau izin tertulis dari Mendagri.

Di samping hal itu, untuk kekosongan jabatan Sekda di Pemkab Karawang juga sudah terhitung sejak per tanggal 1 Juli 2024 lalu, yang di mana Sekda saat itu Acep Jamhuri mengundurkan diri dari jabatannya sekaligus pensiun dini dari jabatannya sebagai ASN atau PNS. Kemudian setelah pengunduran diri Acep Jamhuri dari jabatannya sebagai Sekda Pemkab Karawang, nama Eka Sanatha ditunjuk untuk menjadi Plh Sekda yang selanjutnya diangkat sebagai Pj Sekda Karawang pada 10 Juli 2024 kemarin usai mendapat peretujuan dari Pj Gubernur Jawa Barat.

"Saya mengucapkan selamat kepada Sekda baru, kang Asep Aang Rahmatullah yang di mana pada hari ini, beliau sudah resmi dilantik menjadi Sekda di Pemkab Karawang. Saya harapkan, Sekda yang baru ini harus bekerja dengan ikhlas untuk kepentingan masyarakat banyak di Kabupaten Karawang ini," harapnya.

Selain itu, Aep juga menghaturkan terima kasih kepas Asda 1 Eka Sanatha yang sebelumnya telah melaksan tugas sebagai Plh dan Pj Sekda Karawang dengan baik. Hanya sana pada saat prosesi pelantikan Aang menjadi sekda Eka berhalangan hadir lantaran sedang tugas dinas ke luar daerah.

"Saya berterimakasih support kepada seluruh ASN Karawang yang sudah bekerja dengan baik. Dan kepada Pak Eka yang sebelumnya sudah mengisi jabatan sebagai Plh dan Pj Sekda Karawang, terimakasih karena sudah memberikan dedikasi kinerjanya untuk Karawang dengan baik," tukasnya.

Di tempat yang sama, Sekda Karawang yang baru dilantik, Asep Aang Rahmatullah menuturkan, usai dilantik ia akan menjalankan tugasnya membantu bupati di dalam hal mengoordinasikan dan merumuskan kebijakan daerah untuk percepatan pembangunan dan perbaikan kualitas pelayanan terhadap masyarakat,” kata Aang.

"Selain itu, jabatan sekretaris daerah pun memiliki tugas sebagai komunikator, katalisator, regulator sudah pasti, evaluator, dan bisa menjadi motivator serta inspirator dalam hal percepatan dan pelayanan terhadap masyarakat, peran saya sebagai supporting system," timpalnya. (*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan