BREAKING NEWS :
Mode Gelap
Artikel teks besar

Bentuk PIK Remaja, Satpel KB Beri Pembinaan Kelompok di SMK Lentera Bangsa II Lemahabang

Sejumlah Penyuluh Satpel KB Lemahabang bersama para siswa kelompok PIK Remaja lakukan pertemuan dan pembinaan di SMK Lentera Bangsa II Desa Lemahmukti Kecamatan Lemahabang, Rabu 11 September 2024. Selain berikan pembinaan terkait kesiapsiagaan terhadap upaya pencegahan stunting untuk mensukseskan program bangga kencana, temu PIK Remaja ini juga jadi ajang untuk meningkatkan peran serta dan Kepedulian remaja dalam program pencegahan stunting pada anak remaja khususnya Pembinaan bagi Kelompok PIK Remaja. 

Foto : siswa SMK Lentera Bangsa II saat menerima materi dan pembinaan kelompok dari satpel KB Kecamatan Lemahabang


"Stunting merupakan ancaman utama dalam mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas saat ini. Maka, keberhasilan Program BanggaKencana dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu aspek Pengendalian kuantitas penduduk, Aspek Peningkatan Kualitas Penduduk dan Aspek Peningkatan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga di suatu daerah sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, " Kata Salah seorang penyuluh KB Kecamatan Lemahabang. 

Untuk melakukan percepatan penurunan prevalensi Stunting, maka diperlukan strategi dan metode baru yang lebih kolaboratif dan berkesinambungan mulai dari hulu hingga hilir, melalui Pendekatan Program Ketahanan Keluarga dan pendampingan kepada keluarga yang berisiko Stunting. Kemudian juga Sambungnya, membangun Desa melalui Keluarga menjadi perhatian BKKBN diantaranya dengan Kegiatan Tribina yaitu, Bina Keluarga Balita/BKB, Bina Keluarga Remaja/BKR dan Bina Keluarga Lansia/BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) dan PIK Remaja. 
Program yang mendekatkan pelayanan melalui siklus hidup manusia dengan menyampaikan issue tentang 8 (delapan) Fungsi keluarga, pendewasaan usia perkawinan, seks Pra Nikah, Pernikahan Dini dan HIV-AIDS, maka melalui Kegiatan ini diharapkan Remaja dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam perencanaan masa depan," Ujarnya.
Foto : siswa SMK Lentera Bangsa II saat menerima materi dan pembinaan kelompok dari satpel KB Kecamatan Lemahabang
 
Guru SMK Lentera Bangsa II Taopik Hidayat mengatakan, para siswa yang masuk dalam kelompok PIK remaja ini lalukan pertemuan untuk mendengarkan arahan dan pemaparan dari satpel KB. Diharapkan, lewat pembinaan ini, para siswa bisa meningkatkan peran serta dan Kepedulian remaja dalam program pencegahan stunting pada anak remaja khususnya Pembinaan bagi Kelompok PIK Remaja, kemudian mendorong penundaan usia perkawinan bagi remaja. 

"Salam temu PIK Remaja ini, sasaran yang dapat diikutsertakan adalah remaja putra dan putri dari usia 9 tahun sampe 25 tahun belum menikah, " Ujarnya. 

Sebagaimana pemaparan dari Satpel KB, output dari kegiatan ini sambung Opik, adalah adanya semangat baru dari Remaja, para kader dan pemangku kewajiban untuk mendukung dan menyukseskan PIK Remaja di sekolah - sekolah, Khususnya Peningkatan Partispasi remaja dalam Kegiatan PIK Remaja setiap bulan agar remaja dapat merencanakan secara baik tentang masa depannya melalui Penundaan Usia Perkawinan. Sehingga Remaja/Calon Pengantin sudah siap/matang secara Ekonomi, Kesehatan reproduksi,tentang gizi ,kenakalan remaja Pendidikan dan lain-lain.

"Kegiatannya berjalan lancar lewat pemaparan materi dan masalah serta dialog dengan solusinya, " Ungkap Opik. (Rd)
Posting Komentar