Breaking News
---

Waspadai, Ini Sederet Ciri Ayam Tiren yang Berbahaya bagi Kesehatan

Ayam tiren tidak layak dikonsumsi karena ayam ini sudah mati sebelum disembelih. Akibatnya, daging ayam lebih rentan terkontaminasi oleh bakteri penyebab penyakit.

Waspadai, Ini Sederet Ciri Ayam Tiren yang Berbahaya bagi Kesehatan

Tak hanya itu, ayam tiren juga mungkin sudah terpapar penyakit hewan ternak, sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi.

Meskipun sekilas terlihat mirip, daging ayam tiren sebenarnya tetap dapat dibedakan dari ayam segar. Hal ini bisa dikenali melalui beberapa hal, seperti dari warna, aroma, dan teksturnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri ayam tiren yang tak baik bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Warna daging

Ciri ayam tiren yang pertama bisa terlihat dari warna dagingnya. Ayam tiren biasanya memiliki warna daging yang lebih pucat dan cenderung tampak berwarna kebiruan atau kekuningan.

Tak hanya itu, ayam tiren biasanya memiliki bercak merah pada bagian-bagian tertentu, seperti  leher, kepala, sayap, punggung, dan dada ayam.

Padahal, daging ayam mentah seharusnya berwarna merah muda dengan lemak berwarna putih. Warna ini menunjukkan bahwa ayam masih dalam kondisi segar dan baik untuk dikonsumsi.

2. Tekstur daging

Tak hanya dari warna, Anda bisa melihat ciri ayam tiren dari tekstur dagingnya. Saat dipegang, daging ayam tiren cenderung lembek. Selain itu, ayam tiren lebih berlendir, sehingga terasa lebih licin saat disentuh.

Sementara itu, daging ayam segar biasanya terasa kenyal dan padat saat dipegang. Jika ditekan, daging ayam segar akan kembali ke bentuk semula dengan cepat. Ini menunjukkan bahwa jaringan ototnya masih baik.

3. Aroma daging

Cara membedakan ayam tiren dari ayam segar juga bisa diketahui dari aromanya. Daging ayam segar seharusnya tidak memiliki aroma yang mengganggu atau bahkan tidak menimbulkan bau sama sekali.

Namun, lain halnya dengan ayam tiren, daging ini ditandai dengan aromanya yang bau amis dan menyengat. Bahkan, aromanya bisa lebih menyerupai bau darah atau bau telur busuk.

4. Luka sembelih

Ciri-ciri ayam tiren dapat diketahui dari luka bekas sembelih. Luka sembelih pada ayam tiren biasanya cenderung lebih kecil dan rapi karena disembelih dalam keadaan mati.

Sementara itu, luka sembelih pada ayam segar biasanya lebih lebar karena ayam akan meregangkan lehernya saat disembelih.

Ayam tiren pun biasanya memiliki luka sembelih yang tidak tuntas, sehingga menyebabkan tidak terpotongnya tiga saluran, yaitu saluran nafas, makanan, dan udara.

5. Ukuran ayam

Ukuran ayam yang lebih kecil dari ukuran normal juga patut dicurigai sebagai ayam tiren. Pasalnya, ini bisa menjadi tanda dari ayam tersebut sudah terkena penyakit dan mati sebelum siap dipanen. Oleh karena itu, ukuran daging ayam yang terlalu kecil bisa menjadi ciri-ciri ayam tiren.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan