Breaking News
---

Viral, Ini Makna Peringatan Darurat Garuda Biru

Warganet Indonesia ramai menyebarkan gambar garuda berwarna putih dengan latar belakang biru di media sosial. Baik melalui Instagram Stories, status WhatsApp, maupun postingan di X.  

Viral, Ini Makna Peringatan Darurat Garuda Biru

Sekilas gambar tersebut hanya menyajikan burung garuda dengan latar berwarna biru dongker ditambah tulisan 'Peringatan Darurat'. Gambar tersebut awalnya didistribusikan akun kolaborasi @narasinewsroom, @najwashihab, @matanjawa, dan @narasi.tv di Instagram. 

Pada platform X, kata kunci 'Peringatan Darurat' menududuki jejeran trending topic dengan mengumpulkan 6.950 cuitan. Bersamaan dengan itu tagar #KawalPutusanMK juga merajai trending topic X dengan mengumpulkan 24.500 cuitan. 

Berdasarkan penulusuran RRI, gerakan 'Peringatan Darurat' itu merujuk pada ajakan untuk mengawal jalannya Pilkada 2024. Narasi yang beredar di media sosial ramai membahas putusan Mahkamah Konstutusi (MK) pada Selasa (20/8/2024).  

Putusan MK menyebutkan partai politik tidak perlu memiliki kursi di DPRD untuk mengajukan calon kepala daerah. Namun, pada Rabu (21/8/2024), DPR memutuskan untuk menggelar rapat yang membahas revisi UU Pilkada. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menyatakan akan menerima berbagai masukan terkait pembahasan RUU Pilkada. Disebutkan RUU Pilkada akan menyikapi putusan MK yang mengubah syarat pencalonan Kepala Daerah.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan