Breaking News
---

Tangani Pendangkalan Muara, Pemkab Karawang Turunkan Exavator Amphibi di Ciparagejaya

Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh SE terjun langsung meninjau proses penggunaan alat berat berjenis Excavator Amphibi di pesisir laut Ciparage, Kecamatan Tempuran. Kamis 29 Agustus 2024 sore. Didampingi Pejabat Dinas PUPR dan Dinas Kelautan dan Perikanan, Bupati juga berdialog bersama masyarakat pesisiran bersama Kades Ciparagejaya H Kabun dan Muspika Kecamatan Tempuran.

Foto : Alat berat diturunkan Pemkab Karawang untuk tangani pendangkalan muara laut Ciparagejaya Kecamatan Tempuran.

"Bantuan Exapator Ampibi canggih dan besar ini punyanya Dinas PUPR buat pengerukan pendangkalan di Ciparage dan Pasir putih, " Kata Kabid Perikanan Tangkap, Mahmud.

Sementara Bupati Aep mengatakan, dalam mengatasi abrasi, Pemkab telah membeli alat berat canggih untuk menanggulangi masalah abrasi. 
Excavator Amphibi adalah alat berat serba guna dan bisa digunakan diberbagai medan pekerjaan dari mulai rawa, sungai, daratan dangkal dan medan basag lainnya. Alat berat ini bisa beroperasi di atas air. 

Saat meninjau, Bupati juga mendengar keluh kesah masyarakat setempat. Dari pengakuan warga, bertahun-tahun warga Ciparage dipenuhi rasa gelisah. Mereka harus berjuang melawan ombak yang terus menggerus garis pantai, membuat banyak rumah di bibir pantai terancam. Upaya sederhana seperti memasang karung berisi pasir seringkali tidak mampu menahan kekuatan ombak.

"Saat kami datang, kami disambut baik oleh masyarakat. Beberapa langkah jangka pendek maupun jangka panjang telah disiapkan. Diantaranya menurunkan alat berat untuk mengeruk, membersihkan dan juga membuat sistem untuk pengendalian saluran," ujar Bupati Aep. 

Bupati juga memastikan penggunaan alat berat bisa digunakan untuk menanggulangi masalah abrasi di daerah pesisir Karawang lainnya yang juga mengalami masalah serupa. "Dari data bukan hanya Ciparage, daerah pesisir lain juga mengalami masalah yang sama. Insha Allah kita upayakan semaksimal mungkin," tandas Bupati Aep. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan