Breaking News
---

Simak Lima Lagu Wajib Kemerdekaan Indonesia dan Maknanya

Lagu kebangsaan Indonesia, sudah sepatutnya berkumandang di dalam upacara Kemerdekaan Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat kepada bangsa dan negara.

Foto ilustrasi

Biasanya dalam upacara Kemerdekaan Indonesia, ada serangkaian lagu yang dikumandangkan. Lagu-lagu tersebut merupakan lagu yang telah di persiapkan untuk upacara Kemerdekaan. 

Berikut adalah lima lagu wajib yang sering dinyanyikan dalam upacara Kemerdekaan Indonesia. Berikut adalah ulasannya. 

1. Indonesia Raya

Tidak bisa di pungkiri lagi, jika lagu ciptaan WR. Supratman ini menjadi salah satu lagu paling sering dinyanyikan di dalam upacara bendera hingga upcara Kemerdekaan Indonesia. Biasanya lagu Indonesia Raya berkumandang saat sejalan dilakukannya kenaikan sang saka merah putih ke atas tiang bendera. 

Dengan suasana hening serta alunan musik yang khidmat. Lagu Indonesia Raya berhasil menggambarkan tentang semangat dan cita-cita luhur bangsa Indonesia. 

2. Berkibarlah Benderaku

Lagu kedua datang seorang pencipta lagu anak dan juga beberapa lagu wajib, yaitu Ibu Soed. Biasanya, lagu ini dikumandangkan setelah dinyanyikannya lagu Indonesia Raya. 

Lirik lagu ini mengajak semua orang untuk menjungjung tinggi bendera merah putih sebagai simbol negara. Selain itu, lagu ini mengajak masyarakat Indonesia untuk berkontribusi aktif dalam pembangunan bangsa. 

3. Indonesia Pusaka

Lagu wajib ketiga yang selalu berkumandang dalam upacara Kemerdekaan Indonesia adalah Indonesia Pusaka. Lagu ini, biasanya dinyanyikan setelah lagu wajib pertama dinyanyikan. 

Indonesia Pusaka merupakan lagu wajib yang diciptakan oleh Ismail Marzuki. Lagu ini menceritakan tentang refleksi atas Indoensia, tanah air tempat bernaung bangsa Indonesia. 

Serta keinginan untuk mewujudkan bela negara dengan segenap jiwa dan raga. Kiprah Ismail Marzuki lewat karya inspiratif juga menyebarkan semangat jiwa patriotisme. 

4. Hari Merdeka

Hari Merdeka merupakan lagu wajib yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Lagu ini diciptakan oleh Husein Muntahar yang merupakan komponis pada tahun 1946.

Lagu ini menggambarkan momen bersejarah saat Indoensja merdeka darin penjajahan. Dan serta menekankan pentingnya, hari tersebut sebagai titik kemenangan bangsa Indonesia. 

5. Mengheningkan Cipta

Tidak lengkap jika tidak menutup upacara Kemerdekaan Indonesia dengan mengheningkan cipta. 'Mengheningkan Cipta' merupakan lagu yang diciptakan oleh Truno Prawit pada 1958.

Lagu ini memiliki makna syukur atas Kemerdekaan Indonesia. Lagu ini merupakan penghormatan yang ditujukan untuk para pahlawan kemerdekaan. 

Demikianlah lima makna lagu wajib yang sering diputar dalam upacara bendera dan Kemerdekaan Indonesia. Tidak bisa dipungkiri lagi jika memang kelima lagu ini merupakan lagu penting untuk dibawakan saat upacara bendera. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan