Breaking News
---

Semarak Kirab Satu Abad Desa Ciwaringin, Gelorakan Tema 'Bagja Wargana Nanjeur Pamingpina' !

Desa Ciwaringin Kecamatan Lemahabang tengah merayakan hari jadinya yang ke 100 tahun pada Sabtu akhir pekan kemarin, 24 Agustus 2024. Desa yang memiliki 5 Dusun yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Telagasari dan Kecamatan Purwasari gudang pertanian dan perkebunan ini, di peringati masyarakat bersama pemerintah desa dengan segudang kegiatan pesta rakyat. 
Selain tasyakuran bersama tokoh agama dan santunan anak-anak yatim, milad satu abad desa yang memiliki lahan sekitar 411 hektar ini, juga di isi dengan senam sehat, pawai budaya, kirab santri hingga istighosah dan berbagi doorprize.

Foto : Semarak perayaan hari jadi Desa Ciwaringin Kecamatan Lemahabang ke 100 Sabtu akhir pekan kemarin (24/8/2024)

Tal ayal, pesta perayaan Milangkala desa yang mengusung tema 'Bagja Rahayatna, Najnjeur Pamingpina' (Bahagia rakyatnya, maju pemimpinnya_red) ini, membikin masyarakat 'Bedah' memenuhi akses jalan sepanjang hari untuk kirab budaya, obrog dan kesenian lokal dengan menandu Kepala Desa setempat diarak keliling kampung.

Hadir dalam kegiatan milangkala desa tersebut, Muspika Kecamatan Lemahabang serta segenap tokoh desa dan masyarakat yang berbaur dengan suka cita.
Foto : Semarak perayaan hari jadi Desa Ciwaringin Kecamatan Lemahabang ke 100 Sabtu akhir pekan kemarin (24/8/2024)

Kades Ciwaringin Uci Sanusi Anwar mengatakan, satu abad adalah perjalanan sejarah panjang desa ini. Desa yang berdiri sejak tahun 1924 atau sebelum Kemerdekaan RI dengan Kepala Desa pertama Almarhum Bapak Jamar ini, semakin banyak dinamika kemajuannya dari tahun ke tahun. Dengan jumlah penduduk 8.618 jiwa, masyarakat patut bersyukur bahwa desa yang subur dengan pertanian dan perkebunan di Lemahabang ini, masih lestari kekayaan alam dan potensi keseniannya sedari dulu sampai saat ini. 

Karena itu, sebut Uci, atas dasar ungkapan syukur diusia ke 100 tahun, segala potensi desa wajib unjuk dalam perayaan untuk menyemarakan hari jadi desa ini. 
"Gudang Kyai, Gudang Perkebunan yang subur, Gudang seni Jaipong dan Odong-Odong. Dengan bangga kami persembahkan pesta rakyat dalam rangka Milad satu Abad Desa Ciwaringin ini, " Katanya. 

Foto : Semarak perayaan hari jadi Desa Ciwaringin Kecamatan Lemahabang ke 100 Sabtu akhir pekan kemarin (24/8/2024)

Sebagaimana tema yang di usung, sebut Uci Bahagia Rakyatnya dan Maju Pemimpinnya, adalah simbol harapan agar masyarakat bisa berbahagia dan nyaman terhadap kampung halamannya di Ciwaringin ini, begitupun setiap pemimpinnya, baik pemerintahan desa, pemimpin tokoh agama, tokoh tani, tokoh pendidikan, tokoh pemuda hingga tokoh perempuannya, bisa semakin maju. 

"Atas nama pemerintah desa, kami menghaturkan selamat milad desa cuwaringin ke 100, semoga cita-cita dan harapan desa kita semua ini di qobul Alloh SWT, " Harapnya. 

Camat Lemahabang Sri Rejeki mengatakan, pihaknya mengapresiasi segudang kegiatan hari jadi Desa Ciwaringin ini. Dirinya meyakini, desa banjir potensi ini akan terus semakin maju, aman dan sejahtera.
Usia 100 tahun bukanlah waktu yang pendek, disana ada dinamika, sejarah dan cita-cita para leluhurnya. Maka, tuangkan semua kegiatan ini sebagai wahana tasyakuran menyongsong desa yang gemah Ripah loh jinawi, selalu bahagia rakyatnya dan maju pemimpinnya sebagaimana tema yang di using Desa Ciwaringin ini. 

"Harapan kami, masyarakatnya semakin rukun dan berbahagia nyaman tinggal di desa. Terus dukung program-program pembangunan, agar desa ini semakin maju terdepan, " Harapnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan