Breaking News
---

Seleksi Guru ASN PPPK 2024 Tunggu Permenpan RB

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) masih menunggu Peraturan Menteri PANRB (Permenpan RB) terkait seleksi guru ASN PPPK. Hal itu disampaikan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani

"Kalau untuk PPPK sampai saat ini belum tahu. Karena kalau untuk pelaksanaan seleksi PPPK ini dasarnya menunggu Permenpan RB," kata Nunuk kepada wartawan, di Pekanbaru, Provinsi Riau, dikutip Minggu (11/8/2024).

Ia mengatakan, jika sudah ada permenpannya, pihaknya tinggal membuat petunjuk teknis (juknis) bagi seleksi guru ASN PPPK ini. "Jika permenpannya sudah jadi, baru kita membuat juknisnya, sehingga kita belum bisa memberikan informasi kapan seleksi PPPK ini dimulai," ucapnya.

Berdasarkan data Ditjen GTK per Agustus 2024, pada 2020 ketika ASN PPPK dicanangkan pertama kali, terdapat lebih dari 1,2 juta guru non-ASN. Dalam kurun waktu 2021 hingga 2023, sebanyak 774.999 guru ASN PPPK telah diangkat. 

Dalam tiga tahun, jumlah ASN guru meningkat sebanyak 61 persen. Saat ini tercatat masih ada 496.174 guru non-ASN di sekolah negeri di bawah binaan Kemendikbudristek. 

"Guru yang cinta profesinya harus sejahtera dulu. Semoga semua guru honor segera menjadi ASN," ujar Nunuk.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan