Breaking News
---

Satuan Pendidikan di Cilamaya Wetan, Terima Sosialiasi Sekolah Sehat, Bersih dan Hijau


Persatuan Bank Sampah Sekolah Indonesia (PEBSSI) mengadakan kegiatan bimbingan dan sosialisasi mengenai sekolah sehat, bersih, dan hijau yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Agustus 2024, di kantor Korwilcambidik Cilamaya Wetan. Acara ini menghadirkan narasumber Heru Saleh, M. Pd., yang memberikan pemaparan mengenai pentingnya lingkungan sekolah yang sehat dan bersih sebagai bagian dari rangkaian pembinaan PEBSSI kepada sekolah-sekolah di Kecamatan Cilamaya Wetan.

Foto : Pengurus Pebbssi, bersama Dewan Pendidikan Karawang dan Pemangku Pendidikan di Cilamaya Wetan, usai sosialisasi sekolah sehat, bersih dan hijau

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah di kalangan siswa. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pembelajaran kewirausahaan di kalangan siswa serta kesadaran dan livelihood pada orang tua, guru, dan tenaga pendidik lainnya.

Program ini didukung oleh Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) melalui proyek Livelihood Restoration Program (Leres) yang didanai oleh PT. Jawa Satu Power. 

Dalam acara tersebut, PUPUK diwakili oleh Cecep Kodir Jaelani selaku Project Manager Leres, sementara PT. Jawa Satu Power diwakili oleh Tig Julianto, Community Relation and Security Manager.

Cecep Kodir Jaelani dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya sangat mendukung inisiatif PBSSI dalam mengadakan kegiatan ini. Lingkungan sekolah yang sehat dan bersih merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan dan juga membuka peluang pembelajaran kewirausahaan melalui pengelolaan sampah yang efektif.


Sementara itu, Tig Julianto dari PT Jawa Satu Power menambahkan, Partisipasinya dalam program ini adalah bagian dari komitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar melalui dukungan terhadap program-program pemberdayaan dan lingkungan. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa dan seluruh warga sekolah di Cilamaya Wetan." ujarnya.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Karawang, Drs. H. Yan Zuwarsyah, menyatakan, Program ini sangat bermanfaat bagi perkembangan karakter siswa serta kesehatan lingkungan sekolah.

"Kami sangat berharap inisiatif ini dapat diterapkan secara berkelanjutan di seluruh sekolah di Kabupaten Karawang." Ungkap Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karawang Era Dadang S Muchtar Ini.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, diwakili H Yanto M.Pd Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) juga menyampaikan apresiasinya, terutama pada upaya PEBSSI, PUPUK, dan PT Jawa Satu Power dalam mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Hal ini sejalan dengan visi dinas, yaitu untuk menciptakan generasi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Kegiatan bimbingan dan sosialisasi ini sambung Yanto, diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi para peserta mengenai pentingnya pengelolaan lingkungan sekolah yang baik dan memotivasi mereka untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah. "Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, program ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat jangka panjang bagi seluruh komunitas sekolah, " Pungkasnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan