Breaking News
---

Puluhan Ribu Warga AS Hadiri Festival “WOW Indonesia!”

 Indonesia menggelar festival budaya bertajuk “WOW Indonesia!”, pada Minggu (25/8/2024) tepat di depan Capitol Hill. Yang merupakan gedung Kongres Amerika Serikat (AS) yang terletak di jantung ibu kota AS, Washington, D.C.

Puluhan Ribu Warga AS Hadiri Festival “WOW Indonesia!”

Acara dibuka oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dan Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta. Kemudian, perwakilan pemerintah AS, Dubes negara-negara sahabat, pejabat Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF) serta penggiat budaya dari AS. 

WOW Indonesia! merupakan pagelaran kebudayaan Indonesia terbesar yang pernah diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington, DC. KBRI Washington, DC mencatat lebih dari 20.000 masyarakat AS yang memadati Pennsylvania Avenue, sebuah jalan protokol di tengah Kota Washington, DC menyaksikan acara ini. 

Menlu Retno menyebut inisiatif ini merupakan bagian dari puncak perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan AS. Serta, bentuk komitmen Indonesia untuk meningkatkan hubungan antar masyarakat di antara kedua negara.

“Meskipun secara geografis terpisah jarak yang luas, namun Indonesia dan AS memiliki banyak kesamaan. Antara lain keragaman masyarakat, toleransi, demokrasi serta komitmen terhadap HAM dan rule of law,” ujar Retno Marsudi saat membuka WOW Indonesia!. 

“Indonesia dan AS perlu semakin memperkuat persahabatan, agar terjalin semakin banyak kerja-sama yang saling menguntungkan. Dan, berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas dunia.” 

Menlu Retno menyebut inisiatif ini merupakan bagian dari puncak perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan AS. Serta, bentuk komitmen Indonesia untuk meningkatkan hubungan antar masyarakat di antara kedua negara. (Foto:KBRI Washington,DC/Ist) 

Dubes Marcia Bernicat dari Kemlu AS yang hadir mewakili Pemerintah AS, menggarisbawahi persahabatan erat yang telah dijalin secara kuat oleh kedua negara. Menurutnya, diaspora Indonesia-AS merupakan salah satu komunitas diaspora yang paling pesat berkembang di AS. 

“Saya sangat mengapresiasi kontribusi positif diaspora Indonesia yang tidak hanya memperkaya keberagaman di AS. Namun, juga memperkuat hubungan antar masyarakat kedua negara,” katanya. 

Selama berlangsungnya festival, para pengunjung dimanjakan dengan pesona khasanah kebudayaan Indonesia yang disajikan secara apik. Mulai dari penampilan musisi pop Indonesia, fashion show wastra budaya, tari-tarian, pertunjukan gamelan hingga parade budaya oleh Jember Fashion Carnival (JFC). 

Tidak hanya itu, para pengunjung juga diajak menjelajahi kekayaan kuliner Indonesia melalui demo masak dan stand makanan khas Indonesia. Mulai dari rendang, sate, gado-gado hingga gudeg Jogja.

WOW Indonesia! Festival turut diramaikan dengan penampilan Andien & Ronald Steven, Stephanie Poetri, Ekos Dance Company, Mansyur Anklung dan Warren Hue. Festival mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat dan diaspora di Washington DC, Maryland dan Virginia. 

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan