Breaking News
---

Produksi Ratusan Ton, Kementrian Kelautan dan Perikanan Mau Bangun Gudang Garam Rakyat di Ciparage dan Muara

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, berencana membangun Gudang Garam Rakyat (GGR) di dua pesisir Kecamatan Tempuran dan Cilamaya Wetan tahun ini. Gudang ini, menjadi solusi penampungan produksi garam yang siap menampung suplay hingga 200 ton.
Foto : Kabid Perikanan Tangkap DKP Karawang saat meninjau bakal bangunan GGR dan Proses Produksi Garam sistem Tunel
 
Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Karawang, Mahmud disela-sela survey CPCL Bakal GGR  mengatakan, Gudang Garam Rakyat (GGR) ini adalah sarana lazimnya leuit gabah petani padi, dimana GGR juga menjadi penampung hasil produksi garam, sehingga ketika panen melimpah dan ketika harga bagus bisa untuk dijual.

Program ini sendiri, sambung Mahmud, di biayai Kementrian Kelautan dan Perikanan berupa bangunan dengan luas 7x12 meter yang akan menampung sekitar 200 ton garam.

"Rencananya, kita akan bangun GGR ini di dua lokasi, yaitu Ciparage Kecamatan Tempuran dan Muara Kecamatan Cilamaya Wetan, " Ujarnya.

Dari database Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, tambah Mahmud, di Pesisir Karawang jumlah kelompok usaha garam (kugar) ada sebanyak 17 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 180 orang. Saat ini, Produksi garam yang di hasilkan dari bulan Mei sampai dengan Juli 2024 saja sekitar 440 ton. 
Foto : Kabid Perikanan Tangkap DKP Karawang saat meninjau bakal bangunan GGR dan Proses Produksi Garam sistem Tunel

"Menambah volume produksi garam, selain dibangunkan GGR, para anggota kelompok juga kembangkan produksi garam dengan sistem tunnel, " Ungkapnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan