Breaking News
---

Prakiraan Cuaca BMKG di Sejumlah Kota Besar Indonesia

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan prakiraan cuaca untuk Sabtu (3/8/2024) besok. Menurut data BMKG, beberapa wilayah di Indonesia diperkirakan masih akan mengalami hujan.

Prakiraan Cuaca BMKG di Sejumlah Kota Besar Indonesia

Prakirawan BMKG Raeni Chindi memprakirakan hujan dengan intensitas bervariasi. Mulai ringan hingga sedang masih mendominasi kondisi cuaca berbagai kota besar di Indonesia.

BMKG memperkirakan hujan masih mungkin terjadi di sejumlah wilayah dan kota-kota besar di Indonesia. Diantaranya adalah Sumatra Utara, Jawa Barat, Jakarta hingga Kalimantan Barat.

"Kami sampaikan prakiraan turun hujan di pulau Sumatera, yaitu wilayah Banda Aceh. Kemudian hujan ringan untuk wilayah Pekanbaru, hujan sedang untuk wilayah Medan," kata Raeni, Jumat (2/8/2024).

Raeni juga meminta masyarakat di wilayah Tanjung Pinang dan Padang mewaspadai adanya potensi hujan petir. "Untuk wilayah Jambi hujan ringan, wilayah Bengkulu dan Lampung hujan sedang untuk wilayah Pangkalpinang," katanya. 

Ia pun meminta masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi hujan petir. Khususnya di wilayah Palembang.

Selanjutnya, BMKG juga menyebut untuk Pulau Jawa diperkirakan berawan hingga hujan. "Di wilayah Yogyakarta diperkirakan berawan tebal untuk wilayah Surabaya dan Semarang, hujan ringan untuk wilayah Jakarta, Bandung dan Serang," ujarnya.

Sementara di Pulau Bali dan Nusa Tenggara di perkirakan cerah berawan untuk wilayah Denpasar. Serta berawan tebal untuk wilayah Mataram dan Kupang. 

Selanjutnya, untuk Pulau Kalimantan, di wilayah Palangkaraya hujan ringan untuk Banjarmasin. Sementara Samarinda hujan sedang untuk wilayah Tanjung Selor.

"Waspadai adanya potensi hujan petir untuk wilayah Pontianak. Berawan dan berawan tebal untuk wilayah akassar dan Kendari dan hujan ringan untuk wilayah Palu Manado dan Gorontalo," ucap Raeni.

Terakhir, untuk Timur Indonesia diperkirakan berawan tebal untuk wilayah Merauke diperkirakan hujan ringan. "Sementara wilayah Ambon Sorong Manokwari dan Jayapura hujan sedang, waspadai adanya potensi hujan petir untuk wilayah Ternate," ujarnya. 

BMKG mengingatkan bahwa informasi ini merupakan gambaran cuaca secara umum. "Informasi ini diperbaharui setiap 3 jam di wilayah masing-masing, masyarakat juga bisa memantau cuaca melalui aplikasi atak kanal resmi info BMKG," ucap Raeni.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan