Breaking News
---

Panwascam Lemahabang Perkuat 'Pengawasan Partisipatif' Masyarakat di Tahapan Pilkada Karawang

Selain menggelar bimbingan teknis kepada 11 Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) pada Jumat (23/8/2024), Panwas Kecamatan Lemahabang juga berikan edukasi pengawasan partisipatif kepada masyarakat lintas tokoh untuk berkolaborasi awasi setiap tahapan Pilkada 2024. 
Selain amanat dari Peraturan Bawaslu Nomor 2 Tahun 2023 tentang pengawasan partisipatif yang mencakup pencegahan pelanggaran, penindakan terhadap pelanggaran dan edukasi tentang pentingnya patlrtisipasi masyarakat, Panwascam juga mendorong masyarakat untuk mengawal Pilkada yang berpedoman pada UU Nomor 6 Tahun 2020 juga PKPU Nomor 2 Tahun 2024. 

Foto : Jajaran Panwascam bersama Masyarakat Lemahabang foto bersama usai Sosialisasi Pengawasan partisipatif Pilkada Karawang 2024

Dimas Gandapura, Ketua Panwascam Lemahabang di sela-sela sosialisasi partisipatif yang di gelar di RM Bodeman Desa Pulojaya mengatakan, sekitar 40 warga lintas tokoh seperti tokoh agama, tokoh pendidikan, ASN, tokoh perempuan, tokoh pemuda, ormas hingga tokoh tani di hadirkan sebagai sasaran sosialisasi ini. Sebab, pengawasan Pilkada diakui Dimas, berpotensi lebih tinggi tensinya ketimbang Pileg dan Pilpres kemarin. 
Untuk itu, sebutnya, peran serta masyarakat bisa membantu SDM Panwascam dan PKD yang jumlahnya terbatas untuk berkolaborasi melakukan pengawasan. 
"Potensi kerawanan Pilkada lebih tinggi ketimbang Pileg dan Pilpres, untuk itu pengawasan masyarakat sangat kami perlukan di tengah keterbatasan jumlah SDM Pengawas penyelenggara, " Katanya, Sabtu (25/8/2024). 

Hadir selaku pemateri dalam kegiatan ini sambung Dimas, yaitu Akademisi dari Unsika Dr Kusnadi MT dan Aktivis Media Redaksi Pelitakarawang.com sebagai narasumber. Diharapkan, dari teori, regulasi dan temuan lapangan dari para pemateri yang sudah berpengalaman, bisa memberikan gambaran umum bagi masyarakat tentang upaya pengawasan dan pencegahan potensi pelanggaran di Pilkada 2024 ini. 

"Kami haturkan terimakasih atas kehadiran para tokoh masyarakat. Insha Allah, dengan kolaborasi Pilkada di Kecamatan Lemahabang kita sama-sama pastikan kondusif dan berkualitas, " Ungkapnya. 
Hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Lemahabang Ipda Herawati, Camat Lemahabang Sri Rejeki S.Ip dan Danpos Koramil Telagasari. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan