Breaking News
---

Kemendagri Minta Pemda Tangani Persoalan Sampah

Pemerintah daerah diminta untuk memanfaatkan peluang dan tantangan dalam menangani masalah sampah dan lingkungan hidup. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pembangunan, Keuangan Daerah dan Desa BKSDN, Andi Muhammad Yusuf. 

Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pembangunan, Keuangan Daerah dan Desa BKSDN Andi Muhammad Yusuf,

"Perlu menjadi perhatian bersama bahwa soal lingkungan hidup, soal kesehatan. Sebenarnya bagian yang tak terpisahkan, tinggal bagaimana cara kita memperhatikan dan memperhatikan secara maksimal," kata Andi dalam keterangannya, Jumat (23/8/2024). 

Andi menjelaskan saat ini penanganan permasalahan sampah menghadapi berbagai tantangan seiring dengan perubahan zaman. Terlebih jumlah penduduk yang semakin meningkat memiliki dampak pada meningkatnya konsumsi masyarakat. 

"Akibatnya, jumlah sampah yang dihasilkan semakin meningkat kuantitas dan karakteristiknya. Ini tantangan dapat dimanfaatkan menjadi peluang seperti yang dilakukan oleh sejumlah daerah, bahkan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat," ujarnya. 

Oleh karena itu, ia pun mengingatkan agar pemda memiliki keseriusan serta mengambil peran secara optimal dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satunya dengan memanfaatkan peluang lewat mempelajari cara daerah lain mengelola sampah.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan