Breaking News
---

Ini Lima Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Kacang panjang termasuk tanaman daro keluarga kacang-kacangan. Biasaya kacang panjang dijadikan menu sayur seperti direbus, ditumis, bahkan hanya sebagai lalapan.

Foto ilustrasi: Kacang Panjang

Di balik lezatnya olahan kacang panjang, mungkin banyak yang belum mengetahui jika makanan ini juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat konsumsi kacang panjang bagi kesehatan tubuh:

1. Bantu Turunkan Kolesterol
Kacang panjang dikenal kaya akan serat, yang sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam kacang panjang bekerja dengan cara mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan membuangnya keluar dari tubuh.

2. Jaga Kesehatan Jantung
Kacang panjang kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel di pembuluh darah.

Selain itu, antioksidan juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis sering kali menjadi penyebab utama berbagai penyakit jantung.

3. Turunkan Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi sering kali berjalan beriringan. Kacang panjang mengandung kalium yang membantu menurunkan tekanan darah. Dengan tekanan darah yang terkontrol, risiko penumpukan plak kolesterol di arteri juga bisa dikurangi.

4. Bantu Mengontrol Berat Badan
Mengontrol berat badan adalah salah satu cara efektif untuk menurunkan kolesterol. Kacang panjang rendah kalori tetapi tinggi nutrisi, sehingga sangat cocok untuk diet. Berat badan yang terkontrol bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Jaga Kesehatan Pembuluh Darah
Kandungan serat dan antioksidan dalam kacang panjang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Dengan mengurangi peradangan dan menjaga elastisitas pembuluh darah, kacang panjang berkontribusi pada sirkulasi darah yang lebih baik.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan