Breaking News
---

Hindari Sederet Asupan Ini Agar Kesehatan Tulang Tetap Terjaga

Beberapa jenis makanan ternyata bisa membuat tulang keropos dan rapuh. Menjaga kesehatan tulang bisa dilakukan salah satunya dengan menghindari makanan tertentu.

Hindari Sederet Asupan Ini Agar Kesehatan Tulang Tetap Terjaga


Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan masalah tulang, mulai dari osteoporosis, patah tulang, tulang keropos, bahkan kanker tulang.

Dilansir dari berbagai sumber,berikut sederet asupan yang harus dihindari agar kesehatan tulang tetap terjaga, antara lain:

1. Makanan tinggi garam

Melansir Medical News Today, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam bisa membuat tubuh kehilangan banyak kalsium. Hal ini tentu berimbas pada kesehatan tulang terutama bisa menyebabkan keropos tulang.

Beberapa makanan tinggi garam yang harus dihindari antara lain, seperti pizza, sandwich, burrito dan taco, keripik kentang, pretzel, kerupuk, dan berbagai makanan olahan tinggi garam lainnya.

2. Makanan tinggi gula

Sama dengan garam, konsumsi gula berlebihan juga bisa merusak kesehatan tulang. Terlalu banyak garam bisa membuat seseorang mengeluarkan banyak kalsium, magnesium, dan kalium dari tubuhnya.

Gula juga bisa mengurangi penyerapan kalsium dengan menurunkan kadar Vitamin D dan mengganggu pembentukan tulang.

Makanan tinggi gula ini termasuk kue kering, bolu, sereal dan sarapan batangan, serta berbagai makanan olahan manis lainnya.

3. Makanan tinggi lemak

Lemak memang dibutuhkan tubuh, tapi terlalu banyak konsumsi lemak juga bukan hal yang baik. Melansir berbagai sumber terlalu banyak lemak jenuh dalam tubuh bisa membuat tulang kehilangan kekuatannya.

Hal ini kemungkinan terjadi karena lemak berlebihan bisa mengikat kalsium sebelum terserap dan digunakan tulang.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan