Breaking News
---

Cocok Buat Penderita Diabetes, Ini Lima Tips Kurangi Kadar Gula Nasi Putih

Bagi penderita diabetes, konsumsi nasi putih mungkin perlu dibatasi untuk mencegah kenaikan gula darah. Tapi jangan khawatir, mengurangi kadar gula dalam nasi putih dapat dilakukan melalui berbagai metode.

Cocok Buat Penderita Diabetes, Ini Lima Tips Kurangi Kadar Gula Nasi Putih

Sebagaimana dilansir dari laman Mayo Clinic, berikut cara mengurangi kadar gula pada nasi putih meskipun secara alami jenis asupan ini tinggi karbohidrat:

1. Gunakan Rasio Air yang Lebih Tinggi Ketika Memasak
Memasak nasi dengan rasio air yang lebih tinggi dari biasanya dapat membantu menurunkan kadar gula dalam nasi putih. Penambahan air dapat membantu melarutkan sebagian dari karbohidrat, terutama amilosa, yang bertanggung jawab atas kenaikan gula darah.

Teknik ini bekerja dengan baik terutama jika nasi kemudian ditiriskan dari kelebihan air setelah dimasak. Gunakan perbandingan air dan beras sekitar 1:3 atau 1:4, dan setelah nasi matang, tiriskan airnya menggunakan saringan. Metode ini mirip dengan cara memasak pasta.

2. Tambahkan Minyak saat Memasak Nasi
Menambahkan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun saat memasak nasi dapat membantu menurunkan indeks glikemik nasi. Minyak ini membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, yang pada akhirnya dapat menurunkan lonjakan gula darah setelah makan.

Ini juga dapat membantu membuat nasi lebih pulen dan lezat. Tambahkan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalam air rebusan sebelum memasukkan beras. Masak nasi seperti biasa.

3. Rendam Beras sebelum Dimasak
Merendam beras sebelum dimasak dapat membantu mengurangi kadar pati yang cepat dicerna dalam nasi. Pati ini dapat menyebabkan peningkatan cepat dalam kadar gula darah.

Dengan merendam beras selama beberapa jam atau semalaman, sebagian pati akan terlarut dalam air, sehingga nasi menjadi lebih sehat. Rendam beras dalam air selama 30 menit hingga 1 jam sebelum dimasak. Setelah itu, bilas beras hingga bersih sebelum memasaknya.

4. Gunakan Teknik Pengukusan Setelah Memasak
Setelah nasi dimasak, teknik pengukusan bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar gula. Dengan mengukus nasi lagi setelah dimasak, nasi menjadi lebih pulen, dan proses pemanasan ulang dapat membantu menurunkan indeks glikemik nasi.

Setelah nasi matang, pindahkan nasi ke dalam pengukus dan kukus selama 10-15 menit. Ini membantu nasi lebih stabil dalam kadar gula.

5. Dinginkan Nasi setelah Dimasak
Mendinginkan nasi setelah dimasak, kemudian mengonsumsinya dalam keadaan dingin atau setelah dipanaskan kembali, dapat membantu meningkatkan kadar pati resisten dalam nasi.

Pati resisten adalah sejenis pati yang tidak dicerna sepenuhnya oleh tubuh, yang berarti ia tidak sepenuhnya diubah menjadi gula dalam aliran darah.

Setelah nasi matang, biarkan dingin pada suhu kamar, kemudian simpan di dalam kulkas selama beberapa jam atau semalaman. Nasi ini bisa dimakan dingin atau dipanaskan kembali sebelum disajikan.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan