Breaking News
---

Bukan Soekarno, Pria Inilah yang Mengetik Teks Proklamasi

Sudah menjadi rahasia umum, jika teks proklamasi menjadi dokumen penting dalam sejarah Indonesia. Teks yang dibacakan pada 17 Agustus 1945 ini merupakan landasan dasar kemerdekaan Indonesia. 

Bukan Soekarno, Pria Inilah yang Mengetik Teks Proklamasi

Pada waktu itu teks proklamasi dibacakan oleh I.r Soekarno dan Moh. Hatta. Namun, siapa yang sebenarnya yang menulis teks proklamasi? Mari simak ulasannya berikut ini. 

1. Siapa Penyusun Teks Proklamasi yang Sebenarnya? 

Sudah menjadi rahasia umum siapa yang mengetik teka proklamasi adalah Sayuti Meluk. Pertanyaan ini juga sering muncul dalam ujian sekolah. 

Dialnsir dalam laman Kemdikbud RI, Sayuti Melik merupakan seorang perwira muda di Angkatan Laut yang dipercayakan oleh Ir. Soekarno untuk mengetik teks proklamasi. Sayuti Melik didampingi oleh BM. Diah, yang kemudian teks tersebut dibuat selama 2 jam. 

Tanpa menunggu lama, setelah semuanya rampung dan disetujui oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. Teks proklamasi langsung diketik oleh Sayuti Melik. 

2. Ir. Soekarno Bukanlah Orang yang Mengetik Teks Proklamasi

Siapa yang mengetik teks proklamasi? Apakah Ir. Soekarno yang menulisnya? Jawabannya yang jelas adalah tidak. Soekarno bukanlah orang yang mengetik teks proklamasi secara langsung. 

Soekarno hanya menyusun teks proklamasi bersama dengan Hatta dan Subsrdjo di ruang makan Maeda. Mereka kemudian merumuskan teks tersebut pada pukul 03:00 WIB dini hari pada 17 Agustus 1945.

Setelah rampung, teks tersebut ditulis oleh Sayuti Melik dengan kertas HVS. Setelah mendapat persetujuan dari Soekarno dan Hatta, teks tersebut kemudian di ketik dengan mesin ketik. 

Kesimpulannya, siapa yang mengetik teks proklamasi adalah Sayuti Melik. Ia adalah salah satu pahlawan nasional yang memiliki jasa besar bagi Kemerdekaan Indonesia. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan