Breaking News
---

Bendera Merah Putih Siap Dikibarkan di Istana IKN

 Tim Nusantara Baru akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79. Upacara akan dilaksanakan di Istana Negara IKN Nusantara.

Bendera Merah Putih Siap Dikibarkan di Istana IKN

“Tadi pagi ini jam 7 kita sudah melaksanakan upacara dalam rangka penetapan kelompok Paskibraka. Dan komandan kompi Paskibraka dalam penaikan dan penurunan bendera," ujar Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana. 

"Kita sudah menetapkan tim ‘Nusantara Baru’ menjadi tim penaikan bendera. Dan tim ‘Indonesia Maju’ menjadi tim penurunan bendera pada sore nanti jam 17 WITA,” ujar Bayu lebih lanjut. 

Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana akan bertugas sebagai Perwira Upacara. Livenia Evelyn Kurniawan, Paskibraka dari Kalimantan Timur, terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih, dari SMA Katolik Santo Pransiskus.

Cadangan pembawa baki ialah Paskibraka putri asal Provinsi Sulawesi Tenggara, Lutfiyah Naurasyifa Utoyo. Ia merupakan pelajar SMA Negeri 1 Kendari.

Bertugas sebagai Komandan Kelompok 8 ialah Fifandra Ardiansyah Daud, Paskibraka dari Maluku Utara. Ia merupakan pelajar SMA Negeri 1 Halmahera Barat.

Bertugas sebagai pengerek bendera ialah Try Adyaksa S, Paskibraka perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Parepare.

Adapun yang bertugas sebagai pembentang bendera ialah Akmal Faiz Ali Khadafi asal Provinsi Jawa Tengah. Ia merupakan pelajar dari SMA Negeri 4 Semarang.

Bertugas sebagai Komandan Kelompok 17 ialah Andre R.O. Kabagaimu, Paskibraka perwakilan Provinsi Papua Pegunungan. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Wamena. 

Kolonel Inf. Nur Wahyudi didaulat menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Mar Muhammad Adam Septian Keulana. 

Brigjen Bayu juga menambahkan persiapan upacara telah dilakukan secara matang melalui beberapa kali gladi. Termasuk gladi kotor pertama dan kedua, gladi bersih, serta gladi perbaikan. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pasukan protokol upacara. Dan Paskibraka dalam kondisi prima dan siap melaksanakan tugas yang telah dipercayakan oleh negara.

Paskibraka 2024 anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia. Mereka sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (13/8/2024) di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan