Breaking News
---

Wajib Diperhatikan, Ini Sederet Ciri-Ciri Lidah Tak Sehat

Tak hanya membantu proses mengunyah dan mencecap rasa, lidah juga bisa menjadi indikasi kondisi kesehatan.

Wajib Diperhatikan, Ini Sederet Ciri-Ciri Lidah Tak Sehat

Berbagai penyakit dapat bermanifestasi dalam bentuk gejala yang muncul pada lidah. Perubahan pada lidah bahkan terkadang menjadi tanda pertama bahwa ada sesuatu yang salah.

Lidah sehat sendiri umumnya berwarna merah muda. Lidah memiliki lapisan jaringan lembap atau mukosa yang melapisi permukaannya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet ciri-ciri lidah yang tak sehat, antara lain:

1. Berwarna merah

Jika lidah tampak merah atau mengkilap, maka bisa jadi Anda kekurangan asam folat atau vitamin B12.

Kekurangan asam folat sendiri biasanya disertai dengan gejala perubahan warna kulit dan gangguan penglihatan.

Tapi, jangan terlalu panik. Perubahan warna juga bisa disebabkan oleh suhu panas makanan yang membakar mulut.

2. Ada benjolan

Papila dapat meradang atau membengkak hingga ukurannya menjadi lebih besar dari biasanya. Beberapa penyebab yang tak perlu dikhawatirkan di antaranya seperti kurang tidur, terlalu banyak merokok, dan stres.

Tapi, beberapa bentuk benjolan lain bisa menandakan kondisi medis tertentu. Misalnya saja sariawan yang ditandai dengan benjolan berbarengan luka yang berkembang di bagian belakang tenggorokan.

3. Terasa halus

Waspadai juga kondisi glositis atau peradangan pada lidah. Kondisi ini biasanya ditandai dengan permukaan lidah yang lebih halus dari biasanya.

Penelitian juga menunjukkan, glositis terkadang menjadi gejala dari penyakit Celiac, gangguan autoimun yang menyerang usus halus. Celiac biasanya ditandai juga dengan sakit perut, sembelit, dan diare.

4. Bercak putih

Pertumbuhan berlebih dari jamur Candida albicans bisa menyebabkan sariawan. Infeksi jamur ini akan tampak seperti lapisan atau bercak putih tebal pada lidah.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh diabetes, HIV, dan sindrom Sjogren.

5. Muncul 'bulu'

Bulu bisa muncul pada sisi lidah. Kondisi ini dikenal dengan sebutan leukoplakia bulu.

Pada umumnya, kondisi ini bisa hilang dengan sendiri. Namun dalam beberapa kasus, leukoplakia juga bisa disebabkan oleh virus Epstein-Barr, HIV/AIDS, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

6. Berwarna hitam

Penumpukan sel kulit mati biasanya menyebabkan lidah menghitam. Sel kulit mati dapat berhenti mengelupas karena kebersihan mulut yang buruk atau konsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik.

Merokok dan minum banyak kopi atau teh juga dapat menyebabkan lidah menghitam. Tembakau dan kafein dapat menodai papila sehingga lidah tampak hitam.

7. Nyeri

Selain sariawan, rasa nyeri pada lidah juga bisa disebabkan oleh diabetes. Stres juga bisa menimbulkan rasa nyeri pada lidah.

Coba berkumur dengan air garam hangat untuk meredakan nyeri pada lidah.

Demikian beberapa ciri-ciri lidah yang tak sehat. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami beberapa ciri di atas.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan