Breaking News
---

Tol Cimanggis-Cibitung Masih Gratis, Uji Coba Tiga Tahap

Tol  Cimanggis-Cibitung adalah bagian dari jaringan Tol Jakarta Outer Ringroad dan merupakan Proyek Srategis Nasional memiliki panjang 26,18 km. Saat ini masih gratis dan akan melalui uji coba hingga tiga tahap.

Tol Cimanggis-Cibitung Masih Gratis, Uji Coba Tiga Tahap

Menurut Menteri PUPR Hadi Muljono di Jakarta, Jumat (12/7/2024), setelah Tol Cimanggis-Cibitung beroperasi penuh, jaringan Jalan Tol  JORR 2 jadi utuh tersambung sepanjang 111 km. "Mulai dari Cengkareng – Kunciran – Serpong Cinere – Jagorawi – Cimanggis - Cibitung hingga Cilincing, " kata Pak Bas, panggilan akrabnya.

"Jalan tol ini akan meningkatkan kelancaran pergerakan baik komuter maupun logistik kawasan-kawasan industri besar di Jabodetabek. Antara lain di kawasan industri Sentul, Cikarang, Cibitung, dan Cilincing." ucap Basuki

Tol ini juga terkoneksi dengan Tol Trans Jawa,  Ruas Jakarta–Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno–Hatta, Bandara-Kertajati. Sehingga menjadi ruas alternatif dan solusi mengurangi kemacetan/kepadatan lalu lintas dari Tol Cikampek  menuju Jakarta, Bogor, Tangerang.

Terlihat dari Pemantauan  sejak diberlakukan operasional (Rabu 10/7/2024 ) lalu lintas sudah mulai ramai. Hal itu diakui Dirjen Binamarga, Rahman Atif Dienaputra Lalu lintas harian (LHR) ditol Cimanggis- Cibitung sudah mencapai 69 persen, padahal 22 persen  saja sudah 20 ribu kendaraan per hari.

Lebih lanjut Dirjen mengatakan bahwa untuk tarif akan diberlakukan setelah uji coba pertama selama dua minggu, lanjut uji coba kedua.  Uji coba kedua juga selama dua minggu, lanjut uji coba ketiga dua minggu, setelah itu baru diberlakukan tarif tol.

Sebelumnya pada (Selasa , 9/7/2024) dalam peresmian Tol Cimanggis-Cibitung, Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin mengatakan tol ini dapat mempercepat  mobilitas.  Percepat perjalanan distribusi barang dan jasa, mengurangi biaya logistik, membuka peluang investasi baru yang pada akhirnya berdampak kesejahteraan rakyat.

"Kehadiran tol Cimanggis-Cibitung semakin menambah kapasitas jalan di wilayah yang dilaluinya." kata Wapres. Tol Cimanggis-Cibitung saat ini telah beroperasi sebagian sepanjang 6,53 Km, dimulai dari Seksi 1A Segmen Cimanggis -Junction - On/Off Ramp -Jatikarya. 

Pelaksanaan pembangunan  tol tersebut sejak tahun 2016. Tol ini  melintasi 4 wilayah yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan