GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
TikTok Koordinasi Polri ​Berantas Pelaku Konten KBGO

TikTok Koordinasi Polri ​Berantas Pelaku Konten KBGO

Daftar Isi
×

TikTok dipastikan siap berkoordinasi dengan Bareskrim Polri untuk memberantas pelaku penyebar konten bersifat Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO). Tidak hanya itu, TikTok juga tidak segan memblokir akun yang sering melakukan pelanggaran konten.

Marshiella Pandji selaku Public Policy di ByteDance/TikTok dalam acara dialog diskusi bertema 'Melindungi Perempuan dan Anak dari Kekerasan Berbasis Daring', LPP RRI berkolabolasi dengan Kementerian PPPA, Kemenkominfo, hingga Polri, di Gedung LPP RRI, Jakarta, Kamis (11/7/2024). (Foto: YouTube RRINET

"Akun-akun melakukan pelanggaran berkali-kali bisa kita tindak untuk diblokir. Kalau dibutuhkan untuk kebutuhan investigasi penegakan hukum, kita ada tim yang siap berkoordinasi dengan Bareskrim Polri," kata Public Policy di ByteDance/TikTok Marshiella Pandji. 

Pandji menyatakan hal itu dalam dialog diskusi bertema 'Melindungi Perempuan dan Anak dari Kekerasan Berbasis Daring'. Dialog digelar LPP RRI berkolabolasi dengan Kementerian PPPA, Kemenkominfo, dan Polri, di Gedung LPP RRI, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Sementara itu, Marshiella menegaskan, TikTok memiliki fitur dan tools untuk mencegah konten bersifat KBGO. Salah satu fitur untuk mencegah konten negatif itu, yakni Family Pairing.

"Alat-alat yang digunakan untuk mencegah konten-konten seperti itu. TikTok punya fitur namanya Family Pairing, ini berangkat dari semangat, mengatasi isu ini, ada kerja sama orang tua," ucapnya.

Dengan memanfaatkan fitur Family Pairing, ia menuturkan, para orang tua bisa mengontrol aktivitas anak selama bermain TikTok. Bahkan, akun TikTok milik orang tua bisa terhubung dengan akum milik sang anak.

"Kita berusaha membantu mereka untuk mengontrol aktivitas media sosial bagi anak-anak ataupun remaja mereka. Jadi orang tua itu kemudian bisa menghubungkan akun Tik-Tok-nya dengan akun anaknya, itu bisa bantu kontrol," ujarnya. (*)

0Komentar