Breaking News
---

Presiden Lantik 906 Perwira Remaja TNI dan Polri

Presiden Joko Widodo memimpin upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2024 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7/2024). Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 906 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

Presiden Lantik 906 Perwira Remaja TNI dan Polri

Komandan upacara pelantikan Praspa TNI-Polri ini dipimpin Kolonel Penerbang Yoyon Kuscahyono yang menjabat Komandan Wing Taruna Akademi Angkatan Udara. Sementara yang menjadi Perwira Upacara yaitu Brigadir Jenderal Heru Langlang Buana yang menjabat Direktur Pendidikan Akademi TNI. 

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

"Khusus perwira TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira, serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan sapta marga. Khusus perwira Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira, serta menjunjung tinggi tribarta dan catur prasetya," ujar Presiden.

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh lima perwira menurut agama yang dianut. Yakni:

- Letda Infanteri M Shultan Andika Bhakti (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam,

- Letda Gamail Marshal Pamungkas (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama Protestan,

- Letda Beltazar Wirya Nugraha (Akademi Angkatan Udara) sebagai perwakilan beragama Katolik,

- Ipda Komang Wiwin Tribuana Putri (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu, dan

- Ipda Michaeel Darmadi Cahyaadi Joshua (Akademi Kepolisian) ssebagai perwakilan aga Konghucu.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas 417 Capaja Akademi Militer (Akmil), 129 Capaja Akademi TNI AL (AAL). Berikutnya 113 Capaja Akademi TNI AU (AAU), dan 247 Capaja Akademi Kepolisian (Akpol).

Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 61/TNI Tahun 2024 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 62/Polri Tahun 2024. Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudi Saladinturut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakin:

- Letda Infanteri I Made Aditya Wahyu Palguna dari Akademi Militer,

- Letda Mochamad Irvan Sugianto dari Akademi Angkatan Laut,

- Letda Jofanka Hendhico Arintio  dari Akademi Angkatan Udara, dan

- Ipda Theodore Gomgom Octofarrel De Fatima dari Akademi Kepolisian.


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan