Breaking News
---

Pertimbangan Pemerintah Sesuaikan Gaji PNS Tahun 2025

Pemerintah berencana menaikkan kembali gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2025.  Padahal, pemerintah baru saja menaikkan gaji ASN sebesar 8 persen di tahun 2024 dan pencairannya pun baru pada Maret kemarin.

Foto ilustrasi: PNS Sedang berbaris dalam satu upacara kesadaran Nasional

Lalu, apa yang menjadi pertimbangan pemerintah menaikkan kembali gaji ASN di tahun depan? Jawabannya ada di dokumen Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

Dalam dokumen KEM-PPKF edisi pemutakhiran, pemerintah mengisyaratkan penyesuaian gaji ASN sebagai salah satu fokus belanja pegawai. Isyarat itu terdapat pada poin kedua, dari empat aspek fokus belanja pegawai.

Bunyi poin tersebut, "Meningkatkan kualitas belanja pegawai dengan tetap menjaga konsumsi aparatur negara. Antara lain melalui pemberian THR, gaji/pensiun ke-13 dan penyesuaian gaji ASN,".

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata belum memberikan jawaban terkait perkembangan rencana kenaikan gaji ASN tahun depan. Menurutnya, kepastia tersebut berada pada pidato Presiden Jokowi dalam sidang tahunan 16 Agustus mendatang.

"Tunggu tanggal 16 Agustus. Seperti apa (kenaikannya), akan disampaikan di situ," kata Isa singkat dalam kegiatan di Kementerian Keuangan, Senin (22/7/2024).

Isa mengatakan, penyesuaian gaji ASN bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Misalnya, disesuaikan seiring dengan perbaikan kinerja atau bisa juga diberikan dalam bentuk insentif lainnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan