Breaking News
---

Penurunan Angka Stunting Melambat, Presiden: Kita Tetap Berusaha

Angka nasional prevalensi stunting  di Indonesia melambat. Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) angka stunting nasional tahun 2023 sebesar 21,5 persen.

Penurunan Angka Stunting Melambat, Presiden: Kita Tetap Berusaha

Angka tersebut hanya turun 0,1 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Terkait hal tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis angka stunting turun di angka 14 persen sesuai target pemerintah.

"Ya, ya, kita tahu, kita tau angka penurunannya tau. Memang sebelumnya agak tebel sekarang mulai tipis, tapi kita tetap berusaha agar ditekan menuju ke bawah 14 (persen)," kata Presiden usai meninjau pemberian vaksin polio terhadap anak-anak di Posyandu Rajawali 3, Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024). 

Presiden menyebut, angka stunting saat dirinya pertama kali menjabat mencapi 37 persen. menurutnya hingga tahun ini, angka tersebut mengalami penurunan cukup drastic.

Meski demikian ia tidak memungkiri terjadinya perlambatan angka stunting. Menurutnya, usaha pemerintah menurunkan angka stunting menyangkut banyak hal.

"Stunting itu kita mulai dari 37 persen loh dulu, 10 tahun yang lalu, kemudian sekarang sudah 21. Turunnya juga drastis banget, tapi (turun dari) 21 menuju ke 14 ini (persen) memang tidak secepat yang sebelumnya," ujarnya.

"Karena memang stunting itu bukan hanya menyangkut makanan tambahan, makan bergizi. Tapi juga sanitasi, lingkungan tempat tinggal, rumah, air bersih, semuanya harus terkonsolidasi dengan baik," ucapnya.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan