GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Parpol Diminta Tidak Asal-asalan Tetapkan Calon Kepala Daerah

Parpol Diminta Tidak Asal-asalan Tetapkan Calon Kepala Daerah

Daftar Isi
×

Pakar Hukum dan Tata Negara (PHTN) Bivitri Susanti mengatakan, parpol dalam menunjuk dan menentapkan calon kepala daerah Pilkada Serentak 2024 tidak boleh asal-asalan. Popularitas dan elektabilitas yang tinggi, tidak menjamin kepala daerah terpilih nantinya bisa meningkatkan pelayanan publik.

"Eksperimen soal pilkada sudah lama (dilakukan), perangkat, peraturanya, sudang lengkap. (Tinggal penentuan calon kepala daerah) perilaku aktor politik," kata Bivitri dalam kegiatan FGD bertajuk 'Memperkuat Otonomi Daerah Melalui Pilkada', di kawasan Tebet, Jakarta, Sabtu (20/7/2024).
Parpol Diminta Tidak Asal-asalan Tetapkan Calon Kepala Daerah

Bivitri mencontohkan, artis sekaligus komedian Marcel Widianto yang ditunjuk Partai Gerindra menjadi calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan. Marcel dipercayai mendampingi Ahmad Riza Patria sebagai calon Wali Kota Tangsel.

"Mereka tidak peduli mencalonkan komedian, dia bisa berbuat apa? pelayanan publik ke warga. Partai mikirnya siapa yang populer di Tangsel, meskipun dari rekam jejak jadi pemimpin belum teruji," ucapnya.

Di satu sisi, Bivitri menilai, perundang-undangan tentang pemerintahan daerah sudah relatif cukup baik. Namun sayang, praktik dilapangan disebutkannya masih berantakan.

"Karena praktik buruk, yang memanfaatkan celah-celah supaya jabatan itu dipakai untuk keuntungan, pemberian izin, proyek daerah, normalisasi sungai. Saya tidak menunjuk satu kepala daerah, ini berjejaring," ujarnya.

Sebelumnya, Gerindra meyakini, pasangan Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto dapat memenangkan Pilkada Tangsel 2024. Dalam pertarungan Pilwalkot Tangsel 2024, Gerindra menegaskan, sudah menyiapkan strategi.

"Ya, namanya kontestasi kan kita siap menang, siap kalah. Nah, oleh karena itu, khusus untuk Tangsel (Tangerang Selatan) kita juga sudah hitung," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, Selasa (9/7/2024).

Dasco mengungkapkan, Gerindra juga sudah melakukan observasi. "Kita punya strategi yang nanti kita akan jalankan di Pilkada Tangsel," ucap Dasco.(*)

0Komentar