Breaking News
---

Mulai Hari Ini Perbaikan Jalan, Jalur Majalengka-Kuningan Ditutup Sementara

Akses jalan nasional Majalengka-Kuningan, begitu juga sebaliknya akan ditutup sementara mulai , pada Selasa (23/7/2024).

Perbaikan Jalan, Besok Jalur Majalengka-Kuningan Ditutup Sementara

Jalan ditutup karena berkaitan dengan adanya pekerjaan paket preservasi penanganan longsoran yang berada di wilayah Desa Sindangpanji, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka.

Kepala PUTR Kabupaten Majalengka, Agus Tamim mengatakan, pekerjaan tersebut diperkirakan akan berlangsung selama dua bulan. Selama masa itu, ruas jalan akan ditutup dan arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif.

Seperti diketahui, sebelumnya, kata dia, pada musim penghujan beberapa waktu lalu, longsoran menutup badan jalan bahkan bencana ini menewaskan pengguna jalan akibat tertimbun material longsor.

"Setelah kejadian itu, dibuatlah kajian dan diputuskan untuk menambah bahu jalan melalui pengupasan bagian tebing," ungkap Kepala PUTR Kabupaten Majalengka, Agus Tamim, Senin (22/7/2024).

Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Mochammad Ali mengungkapkan, selama perbaikan dilakukan, pihaknya akan menempatkan sejumlah personel untuk mengatur arus lalu lintas.

"Selama penutupan jalan itu, kami akan menempatkan personel baik itu dari Polres Majalengka maupun dari Polsek setempat untuk mengatur rekayasa lalu lintas," kata AKP Mochammad Ali.

Hal tersebut, kata dia, juga sekaligus guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengendara yang berlalu-lalang melalui jalur nasional Majalengka-Kuningan via Cikijing ini.

"Proses perbaikan jalan ini akan memakan waktu dua bulan. Oleh karena itu, kami harapkan kepada warga yang akan berlalu lintas mohon bersabar karena jalan tersebut ditutup sementara," harapnya.

Meski demikian, menurut dia, bahwa penutupan sementara diperkirakan tidak akan berlangsung selama dua bulan atau sesuai waktu pekerjaan paket preservasi penanganan jalan tersebut.

Namun, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan memberlakukan sistem buka tutup di jalan nasional Majalengka-Kuningan, saat jalan antar kabupaten ini selesai dilakukan pengupasan bagian tebing.

"Kalau selama pekerjaan pengupasan bagian tebing, kita akan melakukan penutupan sementara dan para pengguna jalan harus melewati jalur alternatif sesuai petunjuk petugas," ucapnya.

Tetapi, kata dia, jika pengupasan bagian tebing itu selesai, semoga saja jalur itu bisa diberlakukan sistem buka tutup, namun khusus untuk kendaraan kecil sampai jalan tersebut benar benar bisa dibuka kembali bagi umum. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan