Breaking News
---

Lima Fakta Unik Tentang Uang Indonesia

Di dunia uang hadir sebagai alat tukar serta pembayaran yang sah. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagaimana uang menjadi suatu hal yang paling dibutuhkan oleh manusia. 

Lima Fakta Unik Tentang Uang Indonesia

Mungkin Anda bisa bayangkan bagaimana jika uang tidak ada di dunia, pastinya Anda akan kesulitan untuk melakukan proses pembayaran. Meskipun di jaman dahulu adanya sistem barter, namun hal ini tidak bisa dilakukan terus menerus karena tergerusnya zaman

Uang yang selalu hadir di kehidupan kita juga tidak terlepas dari keunikannya. Dibalik berharganya mata uang rupiah, tersimpan fakta menarik tentangnya! 

1. Pecahan Uang Logam Rp100.000 di Tahun 1970

Tahukah Anda pada era 70-an, Bank Indonesia pernah mnegeluarkan uang koin senilai Rp100.000. Anda tidak salah dengar, uang ini merupakan edisi khusus yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. 

Dilansir dalam laman resmi PPID Serangkota, uang logam pecahan seratus ribu terbuat dari emas. Kadar emas yang di hasilkan mencapai 900/1000 dan Dan berat 33,437 gram. 

Tentunya, dengan adanya kedua ciri tersebut, pecahan uang ini menjadi pecahan uang termahal yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Warnanya yang berkilau serta ketersediaan yang terbatas, membuat koin ini terlihat elegan.

Meskipun Bank Indonesia telah menarik uang koin tersebut dari edaran. Faktanya, hingga sekarang banyak kolektor yang memburu uang koin pecahan seratus ribu tersebut. 

2. Mujirin, Pengukir Uang Kertas "Soeharto Mesem"

Jika Anda lahir pada tahun 80-an dan sempat merasakan hadirnya uang edaran versi Soeharto tahun 1995. Tentunya Anda tidak akan pernah asing dengan sosok pelukis uang tersebut.

Dilansir dalam laman Antara, Mujirun merupakan pengukir uang dari PERURI yang cukup terkenal di tahun 1990-an. Salah satu karyanya adalah "Soeharto Mesem" yang terlukis indah didalam uang kertas pecahan Rp50.000.

Pada era kejayaannya sebagai pengukir uang, Mujirun pernah bersaing dengan salah satu pengukir asal Australia. Persiangan ini dilakukan untuk menyelesaikan desain yang diminta oleh Bank Indonesia pada tahun 1994 hingga 1995. 

3. Asal Usul Kata Rupiah

Jika Anda berpikir bahwa asal usul kata Rupiah berasal dari Indonesia, maka Anda salah besar. Kata Rupiah berasal dari bahasa Mongolia (Rupia) yang memiliki arti "perak". 

Dilansir dalam laman Repositori Kemdikbud asal usul kata Rupiah juga bersumber dari mata uang India, Rupee. Karena pada jaman dahulu, Kerajaan Nusantara banyak yang memperkerjakan bangsa Gujarat. 

4. Pecahan Terkecil Rupiah

Pernahkah Anda berpikir jika 1 Rupiah bukanlah merupakan pecahan uang terkecil, melainkan 1 sen. Anda tidak salah dengar, pecahan 1 sen ini dicetak pada tahun 1950-an. 

Saat Indonesia belum memasuki era inflasi, nilai tukar rupiah sangat pada zaman dahulu sangat kuat. Saking kuatnya, pada era tersebut Indonesia berani mengeluarkan uang dengan nominal kecil. 

5. Uang Kertas Bukan Berasal Dari Kertas

Apakah saat ini Anda masih mengira kalau uang kertas memang berasal dari kertas? Uang kertas yang selama ini menjadi alat pembayaran resmi telah di desain khusus untuk mencegah kerobekan. 

Bahan yang dipilih untuk membuat lembaran kertas adalah dengan menggunakan kapas. Alasan Bank Indonesia menggunakan media kapas dalam pembuatan uang, agar uang elastis dan tidak mudah hancur.

Demikianlah lima fakta menarik tentang uang yang belum kamu ketahui. Ternyata uang yang menjadi alat pembayaran yang sah juga menyimpan hal menarik di dalamnya. 

Semoga dengan adanya fakta menarik ini, wawasan Anda tentang uang Indonesia bisa bertambah. Selamat Hari Bank Indonesia! (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan