GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Legislator Ingatkan Pengamanan Pilkada Lebih Sulit dari Pilpres

Legislator Ingatkan Pengamanan Pilkada Lebih Sulit dari Pilpres

Daftar Isi
×

Komisi III DPR RI menyoroti, tingkat keamanan, stabilitas sosial, dan politik jelang Pilkada Serentak 2024. Polri diminta, mengamankan penyelenggaraan Pilkada 2024 lebih ekstra dibanding saat Pilpres 2024 lalu.

"Ini membutuhkan seni bagi para personil penegak hukum. Sebab sesusah-susahnya penanganan pengamanan saat pilpres, lebih sulit pilkada," kata Anggota Komisi III DPR Hinca Pandjaitan dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Anggota Komisi III DPR Hinca Pandjaitan

Menurutnya, gesekan kecil karena perbedaan pilihan di daerah perkampungan dapat menimbulkan konflik berkepanjangan. Bahkan, gesekan itu dapat menimbulkan keributan perkelahian antarwarga.

"Berkaca dari pilpres tempo hari, yang dengan tiga paslon saja membuat perbedaan pendapat di tengah masyarakat sengit. Bayangkan pilkada nanti, ada ratusan calon kepala daerah dengan tempat pemilihan yang berbeda-beda pula," katanya, mengungkapkan.

Dia mengatakan, Pilkada Serentak 2024 merupakan sebuah tantangan bagi anggota Polri. Penting bagi Polri, menyiapkan personel di daerah-daerah yang rawan konflik.

"Ayo, antisipasi dan petakan zona-zonanya, sebab ini pilkada serentak, maka energinya harus dua kali lipat dari biasanya. Tentu ini tantangan bagi aparat penegak hukum," ujarnya.​(*)

0Komentar