GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Kaesang-Bobby Maju Pilkada 2024, Begini Respons Mahfud

Kaesang-Bobby Maju Pilkada 2024, Begini Respons Mahfud

Daftar Isi
×

Ketum PSI Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution diisukan kuat maju pada Pilkada Serentak 2024 mendatang. Majunya anak dan mantu Presiden Jokowi ini, dikabarkan ingin meneruskan kesuksesan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Kaesang-Bobby Maju Pilkada 2024, Begini Respons Mahfud

Merespons hal tersebut, Eks Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, sah di mata hukum dan aturan Kaesang dan Bobby maju. Dalam perundang-undangan kepemiluan dan hukum, tidak melarang keluarga besar ikut serta dalam kontestasi pemilu.

"Anak saudara nggak ada aturan yang melarang. Tetapi harus ada bimbingan moral, pencalonan harus berdasarkan moralitas dan kualitas," kata Mahfud dalam kegiatan FGD bertajuk 'Memperkuat Otonomi Daerah Melalui Pilkada', di kawasan Tebet, Jakarta, Sabtu (20/7/2024).

Mahfud juga buka suara, terkait perbincangan masyarakat terhadap kabar majunya Kaesang dan Bobby pada Pilkada 2024. Penilaian tentang moral jelek atau tidaknya, Mahfud menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat.

"Terkait moral itu jelek atau tidaknya kesimpulannya ada di masyarakat. Kalau menurut aturan itu semuanya boleh menjadi calon," ucap Mahfud.

Di satu sisi, Mahfud menekankan, menjadi calon kepala daerah jangan hanya mengandalkan popularitas ataupun elektabilitas. Hal terpenting menjadi kepala daerah, yakni jangan sampai melanggar moral.

"Mana yang pantas mana yang tidak, itu tergantung masyarakat. Tanpa harus menyebut nama, memang ada nama-nama yang layak, artinya terkait standar kualitasnya," ujarnya.(*)

0Komentar