Breaking News
---

Ini Penyebab Kekerasan Anak Indonesia Selalu Terjadi

Penyebab maraknya kasus kekerasan terhadap anak, karena masih minimnya kesadaran dan komitmen masyarakat dan penegak hukum di Indonesia. Pernyataan tegas itu, diungkapkan oleh Dosen Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Imaduddin Hamzah.

Foto ilustrasi

"Betul, mungkin masalah pertama adalah kesadaran bangsa kita terhadap perlindungan anak belum sepenuhnya menjadi sebuah isu yang kuat. Mungkin aparat penegak hukumnya menunggu laporan baru ditindaklanjuti," kata Imaduddin.

Ia pun menyoroti, peran RT/RW selaku pihak dalam menangani kasus kekerasan anak. Dalam menangani kasus kekerasan anak, dinilainya RT/RW kurang cekatan menyelesaikannya.

"Pihak RT/RW yang tahu lingkungannya ada pelanggaran perlindungan anak, dia menunggu laporan saja. Jadi ini tergantung kesadaran dan komitmen kita," ucapnya.

Kemudian, Imaduddin mengungkapkan, kasus kekerasan anak oleh keluarganya yang dilaporkan kepada kepolisian sering kali diabaikan. Karena, dinilai sebagai masalah keluarga yang tidak bisa diikut campuri orang lain.

"Ketika dilaporkan ke polisi, polisi pun mungkin menganggap sebagai hal yang masalah urusan keluarga, atau mungkin mengabaikannya. Jadi ini cara tentang kesadaran dan komitmen, bicara peran pemerintah untuk hadir di dalam perlindungan anak seluruh lapisan," ujarnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan