Breaking News
---

Hidroponik Tidak Cocok untuk Kemandirian Pangan Rumah Tangga

Institut Pertanian Bogor (IPB) menegaskan, metode tanaman hidroponik tidak cocok untuk mewujudkan kemandirian pangan rumah tangga. Karena, penanaman tanaman hidroponik membutuhkan metode instalasi yang cukup rumit dan biaya besar.

Hidroponik Tidak Cocok untuk Kemandirian Pangan Rumah Tangga

"Hidroponik agak repot kalau digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, karena biayanya pasti lebih mahal. Kalau hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, ngapain memakai hidroponik, lebih baik pakai pot biasa gunakan kompos, selesai," kata Guru Besar IPB, Dwi Andreas Santosa.

Dwi mengatakan, tidak semua orang mampu menjaga dan mengetahui tata cara menanam dengan hidroponik. Terlebih, air di dalam hidroponik itu harus dipastikan mengalir setiap waktu.

"Hidroponik kan harus diinstalasi, harus beli pupuknya setiap waktu, sudah pasti kebutuhan listrik. Karena unsur airnya itu kan harus dialirkan, pemeliharaan itu harus setiap hari hidroponik itu," ucapnya.

Jika unsur hata dalam sistem hidroponik menurun, Dwi menuturkan, berdampak pada kualitas tanaman. Oleh karenanya, bagi rumah tangga yang ingin menanam tanaman pangan sebaiknya menggunakan metode pot dan pupuk.

"Mendingan menanam di pot di kompos yang banyak sudah tinggal tanam apapun yang kita inginkan. Apalagi kalau (lahan) hanya terbatas, kalau berpikir ke arah hidroponik harus berpikir profit, itu yang penting," ujarnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan