Breaking News
---

Hello, Apa Kabar Pengumuman Seleksi CPNS dan PPPK Formasi Karawang ?

Ramai politik pilkada dan jelang pelantikan anggota DPRD, DPR RI dan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, membuat calon peserta CPNS dan PPPK formasi tahun 2024 bak tenggelam informasi. 
Foto : Kabid Pengadaan dan Pemberhentian ASN BKPSDM Karawang, Nendi Sopandi


Pasalnya, pengumuman seleksi yang seyogyanya di mulai sejak Mei - Juni, mangkrak hingga akhir Juli 2024 ini. 

Begitupun yang di alami para calon peserta CPNS dan PPPK Formasi Pemkab Karawang yang masih bersabar menanti pengumuman di bukanya pelaksanaan oleh BKN dan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi. 

"Pendataan kemarin-kemarin banyak di deadline harus selesai tanggal ini dan bulan ini, kemudian siap-siap pemberkasan dan verifikasi di tiap satuan instansi. Tapi, di tunggu sejak Mei, sampai akhir Juli ini pengumumannya masih nihil dari pemerintah, " Kata Rivaldi Calon seleksi peserta CPNS di Kabupaten Karawang, Senin (29/7/2024).

Menyikapi ini, Kabid pengadaan dan pemberhentian ASN BKPSDM Karawang, Nendi Sopandi mengatakan, sebagaimana UU Nomor 20 Tahun 2023 pengganti UU Nomor Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN pasal 66, menyatakan bahwa pegawai non ASN atau nama lainnya wajib di selesaikan penataannya paling lambat Desember 2024, dan sejak UU ini mulai berlaku institusi pemerintah di larang mengangkat pegawai Non ASN atau nama lainnya selain pegawai ASN. Maka atas dasar itu, sebutnya, ia optimis pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024 tetap akan di gelar, termasuk untuk formasi Kabupaten Karawang. 

Memang, sebut Nendi, jika tahun sebelumnya terhitung mulai Mei pengumuman seleksi sudah terpublikasi tahapannya, namun untuk tahun ini hingga akhir Juli masih belum ada pengumuman resminya dari pemerintah. Namun, untuk jadwal Ujian CAT baik Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) maupun Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk CPNS dan Seleksi Kompetensi untuk CPPPK masih tertuang di bulan September 2024.

"Ini berarti kalau ujian seleksinya tetap dijadwalkan September 2024, yang belum keluar atau terbit saat ini itu adalah pengumumannya. Tapi, kita harap calon peserta baik CPNS maupun PPPK, tetap mempersiapkan diri, karena kita meyakini tidak akan terkendala karena alasan Pilkada maupun pelantikan Legislatif, sebab regulasi dan jadwal tahapannya sudah jelas kan, " Ungkap Nendi RI tiang kerjanya, Senin (29/7/2024).

Lebih jauh Nendi menambahkan, biasanya jadwal seleksi akan lebih dulu di awali oleh pengumuman dan tes bagi CPNS, kemudian baru Calon PPPK. Untuk Karawang sendiri, sebutnya, ada formasi 294 CPNS dan 618 PPPK. 

Sejauh ini, dalam rapat-rapat zoom, masih pembahasan teknis dan mekanisme seleksi. Karenanya, ia berharap para peserta di Karawang juga tetap bersabar, karena pihaknya juga sudah anggarkan seleksi ASN ini dari APBD tahun anggaran 2024. 
"Khusus seleksi PPPK, yang tidak lolos nanti disiapkan sebagai PPPK paruh waktu yang sama hak nya mendapat NIP dengan PPPK yang lulus seleksi sebagaimana aturan yang diberlakukan, hanya juknisnya mungkin nanti ada susulannya, " Ujar Nendi. 

Ia mengingatkan, selama pengumuman belum di publikasikan para calon peserta CPNS dan PPPK agar tetap bersiap diri dan jangan tergiur dengan oknum-oknum yang menawari iming-iming lulus dengan mulus alias penipuan. Karena, semuanya sudah tersistem dan tidak ada yang bisa mengintervensi proses dan tahapan seleksi ini.

"Tetap persiapkan diri, awas hati-hati penipuan. Pastikan semua informasi dan komunikasi berjalan baik dan tersampaikan sempurna, " Pungkasnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan