Breaking News
---

Gudang Seni, Tokoh Seniman Sepuh Lemahabang Ingin Sanggar Latihan Terwujud

Kecamatan Lemahabang menjadi satu dari sekian kecamatan yang memiliki potensi seni yang tinggi. Pasalnya, seniman tradisional seperti Jaipongan Sohor Sisingaan atau Odong - Odong, Group Organ Tunggal, Topeng Hingga Nayagan Dalang Wayang Golek dan Gambus religi lengkap mengisi di hampir setiap desa. 
Tak hanya seni musik, seni kerajinan home industri seperti anyaman bambu juga menjadi andalan Kecamatan ini. 

Camat Lemahabang Sri Rejeki mengungkapkan, para seniman di Lemahabang mendorong pihaknya untuk mengusulkan hadirnya infrastruktur sanggar untuk tempat latihan. Ini penting, karena kabarnya para seniman sepuh ini tidak lagi banyak manggung, melainkan ingin melatih regenerasi seninya kepada kaula muda. Untuk itu, sebut Camat, pihaknya sudah siapkan lahan di belakang kantor Kecamatan, agar kiranya bisa realisasi kehadiran sanggar kesenian tersebut. Sebab, pembangunan sanggar kesenian ini, sudah di masukan dalam draft Musrenbang Kecamatan untuk di usulkan kepada Pemkab Karawang. 

Foto : Gudang Seni, Para Seniman Usulkan Muspika Kecamatan Realisasikan Sanggar Seni tempat Latihan

"Di Musrenbang sudah di usulkan dan masuk daftar usulan prioritas. Kita sudah siapkan lahannya, tinggal pembangunannya. Semoga, pak Bupati bisa berkenan, " Katanya di sela-sela kegiatan Gebyar Paten Kecamatan, Jumat (26/7/2024).

Seperti diketahui, sejumlah kesenian dan seniman sohor kini menjadi gudang di Kecamatan Lemahabang. Sebut saja Odong-Odong Bah Rewok Desa Ciwaringin yang sudah beken di berbagai daerah dan nasional, begitupun group Jaipongan yang tersohor seperti Group Badagjum Pulojaya, Group Mamah Ami Kapiraray Ciwaringin, dan Group Mamah Susan Kedawung.
Sementara Dalang Wayang Golek terdapat di Desa Pulojaya dan Pulomulya, seperti Ki Dalang Dede Koswara Pandawa Lima yang merupakan Dalang Juara Kabupaten Karawang yang sudah lintas manggung di berbagai daerah di Jawa Barat. 
Begitupun seniman pop Sunda yang sudah sepuh pencipta lagu 'Kota Karawang' dan 'Kopi Bala-Bala' Drs H Oyok Wahyudi Desa Lemahabang bersama vokalis khas tarling Darso, Kang Yores. 

Foto : Gudang Seni, Para Seniman Usulkan Muspika Kecamatan Realisasikan Sanggar Seni tempat Latihan

Sementara untuk Group Qasidah Gambus, selain Group El Irsyad Arabic di Desa Lemahabang, juga group lainnya di lingkungan, bahkan seni ekstrakurikuler Marching Band SMPN 1 Lemahabang yang di namai Personil Pesona Gita Mandala, sudah menjadi group yang mendapat penghargaan Piala Presiden dan skala internasional. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan