Breaking News
---

Gelar Upacara Adat, 37 Siswa SDN Lemahmukti 1 Resmi di Lepas

Saat Sejumlah satuan pendidikan sudah memasuki masa libur mulai Senin (1/7/2024), Sebanyak 37 siswa/i kelas VI SDN Lemahmukti 1 Kecamatan Lemahabang, gelar resepsi wisuda dan pelepasan. 
Foto : Upacara adat dan sungkeman Warnai pelepasan 37 siswa Kelas VI SDN Lemahmukti 1 Kecamatan Lemahabang, Senin (1/7/2024).


Kegiatan itu dilangsungkan di halaman sekolah dengan beragam tampilan seni kreasi hingga upacara adat Sunda dengan khidmat dan penuh kemeriahan. 

Muslim S.Pd, Kepala SDN Lemahmukti 1 mengatakan, kegiatan pelepasan ini merupakan tindaklanjut dari hasil rapat komite, dimana para orangtua/wali murid menaruh harapan besar agar bisa di gelar kegiatan kenaikan kelas dan pelepasan siswa kelas VI. Sebab, selama 15 tahun terakhir, SD yang berlokasi di kampung Babawangan - Cipecuk ini belum pernah lagi selenggarakan 'Samen' dengan meriah. Wal hasil, lewat hasil kesepakatan orangtua wali murid bersama komite, di sanggupi urunan Rp80 ribu persiswa, untuk suksesi kegiatan apresiasi naik kelas dan pelepasan ini.
"Urunan ini adalah bagian dari Tri Mitra Pendidikan, dimana pendidikan dan daya dukungnya bukan saja jadi kewajiban pihak sekolah, tetapi juga pemerintah dan orangtua/wali murid sebagai masyarakatnya, " Kata Muslim. 

Disinggung di pilihnya hari Senin (1/7/2024) saat sekolah lain dalam Titi mangsa baru perdana memasuki masa liburan semester akhir tahun ajaran, Muslim mengaku bahwa pihaknya ingin semua tampilan siswa lebih matang, sebab semua hampir guru di SDN Lemahmukti 1 berasal dari luar Kecamatan, baik honorer, PPPK maupun PNS. Sehingga, proses latihan kreasi dan bimbingannya perlu masif mengatur waktu dan jadwalnya. Namun, terlepas dari hal itu, sambung Muslim, acara ini di apresiasinya berjalan dengan lancar dan sukses. 
"Diawali dengan upacara adat Sunda yang di hadirkan langsung dari Cilamaya untuk melepas 37 siswa kelas VI, kemudian dilanjut dengan tampilan kreasi seni dan unjuk kabisa para siswa dihadapan orangtua wali murid, " Ujarnya. 
Foto : Upacara adat dan sungkeman Warnai pelepasan 37 siswa Kelas VI SDN Lemahmukti 1 Kecamatan Lemahabang, Senin (1/7/2024).

Hasil penyisiran, sambung Muslim ada sekitar 32 siswa lulusan SDN Lemahmukti 1 ini melanjutkan ke SMP Negeri dan sisanya, melanjutkan sekolah swasta di Pondok Pesantren. Dirinya hanya berpesan, agar para siswa tidak melupakan guru dan almamaternya, terus semangat mengejar cita-cita.
"Ini bukan akhir pendidikan, masa depan masih panjang. Kami pihak sekolah dengan bangga mengembalikan anak-anak didik ke para orangtuanya, sebagai wujud tuntasnya 6 tahun masa pembelajaran di tingkat SD. Kami doakan, semoga terus sukses menggapai cita-cita, " Harapnya. 

Hadir dalam kegiatan wisuda dan pelepasan tersebut, Koorwilcambidik Lemahabang, Pengawas, Penilik, Ketua PGRI Lemahabang dan Ketua Komite SDN Lemahmukti 1. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan