Breaking News
---

Dahsyat, Ini Sederet Asupan yang Dapat Memperpanjang Umur

Pola makan yang sehat membantu orang hidup lebih lama. Ada beberapa makanan sederhana yang disarankan dokter untuk membantu orang berusia panjang.

Dahsyat, Ini Sederet Asupan yang Dapat Memperpanjang Umur

Ada banyak makanan sehat yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari penyakit hingga virus berbahaya. Sementara beberapa makanan lainnya, disebut bisa membantu seseorang hidup lebih lama atau panjang umur.

Hampir semua makanan yang disarankan merupakan makanan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Harganya juga tidak terlalu mahal, jadi bisa dikonsumsi oleh semua orang dari berbagai kalangan.

Melansir dari TIO, berikut sederet asupan yang dapat memperpanjang umur, antara lain:

1. Acar Timun dan Kimchi

Makanan fermentasi yang dimaksud di sini bukan makanan fermentasi kemasan yang sudah ditambah pengawet hingga penguat rasa. Melainkan makanan yang difermentasi secara alami.

Misalnya seperti kimchi atau acar timun. Makanan fermentasi ini cukup rendah kalori. Dalam 100 gram acar mentimun terdapat sekitar 18 kalori.

Makanan fermentasi yang alami ini bisa membantu mengubah metabolisme tubuh. Makanan-makanan ini bisa mengubah cara perut mencerna makanan.

Hal ini dikarenakan makanan fermentasi memiliki kandungan prebiotik yang kaya dengan antioksidan, dan antimicrobial. Di mana keduanya berhubungan erat dengan kesehatan pada tubuh manusia yang memperlambat proses penuaan dan membuat orang panjang umur.

2. Madu

Istilah raw honey atau madu mentah, merupakan jenis madu yang lebih sehat karena tidak melalui proses penambahan apapun dan kualitasnya dijamin asli 100%. Karakteristik rasa madu ini jauh lebih manis dan lembut, dibandingkan jenis madu yang sudah melalui beberapa proses pengolahan.

Rata-rata dalam 100 gram madu mentah, terdapat sekitar 332 kalori dengan. Lengkap dengan tambahan 78 karbohidrat.

Nah dari data kesehatan yang ada, madu mentah bisa membantu menurunkan risiko seseorang terserang kanker dan penyakit jantung lainnya. Dalam penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Health, mereka menjelaskan efek madu sudah diteliti secara menyeluruh.

Terutama pada kanker payudara, kanker hati hingga kanker usus besar. Studi ini menunjukkan bahwa madu sangat toksik atau menghentikan pertumbuhan kanker sel atau tumor. Namun jinak jika berhadapan dengan sel normal yang tidak berbahaya dalam tubuh.

3. Kangkung hingga Sawi

Sayuran hijau diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Jika disantap setiap hari tulang lebih sehat dan umur lebih panjang. Jenis sayuran hijau sendiri cukup banyak. Ada bayam, kale, selada, pakcoy, brokoli, sawi, kangkung, hingga asparagus.

Hal ini dijelaskan dalam penelitian tahun 2017 yang diterbitkan di International Journal of Epidemiology. Peneliti menemukan adanya hubungan antara konsumsi sayuran hijau, dengan meningkatkan kesehatan.

Mereka menyimpulkan orang-orang yang rajin makan sayuran hijau, diimbangi dengan buah-buahan jauh lebih panjang umur dibandingkan mereka yang jarang makan sayur.

4. Kopi

Bagi penggemar kopi, ada manfaat lain yang bisa diambil dari minum kopi di pagi hari selain membuat mata lebih melek. Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Heart Association (AHA), Meminum 3-5 cangkir kopi sehari, untuk mengurangi risiko kematian dini sebanyak 15%.

Diketahui sebelumnya Dalam satu cangkir kopi hitam sekitar 180 ml, terdapat 2 kalori, 5 mg sodium dan kalium sebanyak 111 mg.

Dalam penelitian tersebut, mereka memperhatikan pola minum kopi seseorang. Di sana mereka menemukan para peserta yang rajin minum 3-5 cangkir kopi, memiliki usia lebih panjang dibandingkan mereka yang jarang atau lebih sedikit minum kopi setiap harinya.

Peneliti juga menemukan adanya perbedaan yang signifikan antara orang-orang yang meminum kopi lebih dari tiga cangkir setiap harinya. Hasil dari data yang dihimpun, menunjukkan adanya indikasi penurunan risiko gagal jantung bagi mereka yang rutin meminum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari.

5. Pisang Hijau

Identik dengan pisang yang belum matang sampai rasanya yang disebut tak manis. Siapa sangka pisang hijau punya kandungan prebiotik, yang mengirimkan bakteri sehat ke dalam perut.

Kemudian proses ini bisa membantu tubuh mengurangi atau meredakan tekanan darah. Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, rutin mengkonsumsi pisang hijau juga bisa mengurangi risiko terserang kanker ginjal hingga 50%.

Dalam 100 gram pisang yang masih berwarna hijau, memiliki kandungan sekitar 8,5 pati resisten di mana kalorinya lebih rendah. Hal ini juga dijelaskan dalam British Journal of Nutrition, di mana kandungan pati dalam pisang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan serta membuat tubuh kenyang lebih lama.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan