Breaking News
---

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Banjir Rob

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat pesisir mewaspadai potensi banjir rob di sejumlah daerah. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, Jumat (5/7/2024).

Banjir Rob

Wilayah tersebut, seperti, di pesisir Sumatra Utara, pesisir Sumatra Barat, pesisir Kepulauan Riau. Serta pesisir Banten, pesisir Jakarta, pesisir Utara Jawa Tengah, Kemudian, pesisir Utara Jawa Timur, pesisir NTB, pesisir NTT, dan pesisir Kalimantan Barat.

"Periodenya memang tidak sama waktu dan jamnya juga. Menyesuaikan di masing-masing lokasi," kata Eko. Eko menjelaskan, potensi banjir rob ini periodenya mulai 3 hingga 13 Juli 2024. 

Namun, tidak semua wilayah mengalami potensi banjir rob di periode waktu tersebut.
"Ada yang 3 hingga 6 Juli, ada 4 hingga 8 Juli, bahkan, ada yang 7 hingga 13 Juli," ujarnya.

Eko juga menyampaikan pemantauan ketinggian gelombang di sejumlah perairan yang harus diwaspadai. Seperti, Laut pulau Jawa dengan ketinggian gelombang berkisar 1,3 hingga 1,7 meter.

"Ini perlu waspada," kata Eko. Selain itu,  ketinggian gelombang terjadi di perairan utara Sumatra, perairan barat Sumatra dan selatan Jawa hingga perairan Nusa Tenggara.

"Ini tinggi gelombang berkisar 0,5 hingga 2, 5 meter," ujarnya. Terkait kondisi ini, Eko mengimbau, masyarakat untuk siap siaga. 

Hal itu agar masyarakat tidak mengalami kerugian dalam beraktivitas. "Terutama hal-hal yang bisa kita kendalikan dampaknya," ucapnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan