Breaking News
---

Bala-bala, Cemilan di Waktu Senggang yang Praktis

Bala-bala (istilah orang Sunda) adalah salah satu ragam gorengan yang simpel dan sangat populer di setiap daerah di Indonesia. Ada juga yang menyebut kudapan tersebut dengan istilah bakwan atau wedi. 

Foto : Bala-bala Sunda

Tepung merupakan bahan dasar untuk pembuatan cemilan ini yang dicampur dengan berbagai macam sayuran, seperti, kubis hingga wortel. Selain mudah dan praktis, kudapan ini juga mengenyangkan untuk dinikmati dikala waktu senggang. 

Bala-bala juga banyak disukai dan dicari masyarakat terutama ketika bulan suci Ramadan tiba untuk dijadikan cemilan berbuka puasa. Tidak ada salahnya kalau mencoba membuat bala-bala dirumah yang krispi dan gurih. 

Anda-pun dapat membuat sendiri cemilan ini dirumah dengan bahan yang simpel dan praktis. Adapun bahan-bahan untuk membuat bala-bala seperti:

- 100gr tepung terigu, 

- 50gr tepung beras, 

- 1 sdt bawang putih halus, 

- penyedap secukupnya, 

- 1/2 sdt merica bubuk, 

- garam, 

- daun bawang, 

- 75gr kol dirajang, 

- 150gr wortel dipotong kecil menyerupai korek api, 

- air dingin secukupnya, 

-  minyak goreng. 

Cara membuat :

-  Masukkan semua bahan ke dalam wadah kemudian tambahkan semua bumbu, campurkan hingga merata. 

- Tambahkan air secukupnya hingga tekstur adonan dirasa pas, dalam artian tidak terlalu kentan dan tidak terlalu encer atau cair. 

- Panaskan minyak goreng, ambil adonan memakai sendok makan, kemudian masuk ke dalam penggorengan hingga semua bahan habis. 

- goreng bala-bala hingga berwarna kuning keemasan, jangan lupa dibalik agar matangnya merata. 

- angkat dan tiriskan agar kering dari minyak, Bala-bala siap di hidangkan. 

Jangan lupa tambahkan cabe rawit atau petis, sebagai bumbu cocol agar rasa dan momen menikmati hidangan bala-bala semakin lengkap. (*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan