Breaking News
---

ASN Diminta Lakukan Efisiensi Anggaran Perjalanan Dinas

Aparatur Sipil Negara (ASN) diingatkan untuk lebih efisien dalam penggunaan anggaran. Utamanya pada biaya perjalanan dinas yang tidak perlu. 

ASN Diminta Lakukan Efisiensi Anggaran Perjalanan Dinas

Para ASN, khususnya di daerah diminta untuk pemanfaatan teknologi teknologi informasi yang kini sudah berkembang pesat. Ini penting karena bila semua dilakukan dengan kunjungan keluar kota, justru akan memberatkan keuangan negara dan daerah.

Demikian disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Jumat (19/7/2024). Hal ini disampaikan Azwar seusai kegiatan menyapa dan mengajar ASN di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar.

"Tadi saya minta, kita sudah buka nomor akses. Untuk zoom (rapat video virtual) bisa juga hibrid, tidak perlu lagi ke Jakarta supaya (biaya) perjalanan dinasnya nanti bisa ditekan," katanya. 

Menurut Azwar, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi aparatur memang perlu pendampingan. Termasuk apa saja yang perlu dibenahi.

Karena itu, Kementerian PANRB siap mengasistensi agar reformasi birokrasi bisa berjalan dengan baik. Salah satunya melalui pemanfaatan teknologi teknologi informasi yang kini berkembang semakin pesat.

"Ada macam-macam penilaiannya, mulai ada sistem meritnya, kemudian manajemen kepegawaiannya. Harapan kita kan Kementerian PANRB tidak hanya menilai, tapi juga membina," ucap Azwar. 

Ia menganalogikan orang direfleksi maka dipencet otot-otot titik sarafnya supaya sehat. Begitu pula di Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) pada reformasi birokrasi.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan