Breaking News
---

Arti Lambang Koperasi Indonesia

Di Indonesia, koperasi menjadi wadah penyedia layanan peminjaman uang yang sangat dibutuhkan masyarakat. Sebelum adanya bank konvesional seperti sekarang, banyak masyarakat yang menggunakan koperasi sebagai media simpan pinjam. 

Arti Lambang Koperasi Indonesia

Meskipun saat ini bank konvesional menjamur di berbagai daerah. Tidak menutup kemungkinan , masyarakat desa masih menggunakan koperasi sebagai sarana peminjaman modal. 

Koperasi yang telah ada di Indonesia sejak tahun 1960, dirasa sangat berjasa untuk pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Sehingga dalam hal ini sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Berbicara tentang koperasi, apakah Anda tahu setiap lambang yang mereka punya mempunyai arti tersendiri? Dilansir dalam laman Dinas Koperasi Perdagangan dan UMKM Kapuas, berikut adalah arti setiap lambang koperasi. 

1. Gerigi Roda atau Gigi Roda

Lambang ini diartikan sebagai upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Yang dalam maknanya, hanya pekerja keras saja yang menjadi calon anggota dengan memenuhi persyaratan. 

2. Rantai

Lambang Rantai dapat diartikan sebagai ikatan kekeluargaan, persatuan dan persahabatan yang kuat. Apabila dimaknai secara mendalam bahwa arti kekekluargaan adalah anggota yang menjadi bersahabat, bersatu, dalam kekeluargaan. 

3. Kapas dan Padi

Lambang kapan dan padi dapat diartikan sebagai kemakmuran anggota koperasi dan rakyat secara umum yang diusahakan oleh koperasi. Nah, kapas juga diartikan sebagai bahan dasar sandang serta padi dapat diartikan sebagai dasar pangan. 

4. Timbangan Keadilan

Secara harfiah, timbangan keadilan dapat diartikan sebagai simbol hukum. Semua anggota koperasi harus adil dan seimbang, antara 'Rantai', 'Padi-Kapas' dengan 'Kewajiban' dan 'Hak'. 

Sehingga tidak ada ketimpangan antara sosial yang terjadi di masyarakat.  Dan yang ikut menyeimbangkan itu adalah Bintang dalam Perisai. 

5. Bintang dalam Perisai 

Logo ini dapat diartikan sebagai pancasila, yang merupakan landasan koperasi. Bahwa semua anggota koperasi yang baik adalah yang mengindahkan nilai-nilai keyakinan dan kepercayaan. 

6. Pohon Beringin

Logo ini dapat diartikan sebagai kehidupan, apabila dipahami secara mendalam pohon juga termasuk kedalam ajaran wayang yang telah dirancang oleh Sunan Dahan. Sehingga lambang pohon ini juga bisa berjalan seiringan dnegan Timbangan, Bintang, dan Perisai yang menjadi nilai hidup yang harus dijunjung tinggi.

7. Tulisan Koperasi Indonesia 

Logo yang dimaksud adalah koperasi rakyat Indonesia, bukan koperasi negara lain. Meskipun tata kelola perkoperasian diluar negeri baik, namun sebagai warga negara Indonesia harus punya tata nilai sendiri.

8. Warna Merah dan Putih 

Warna merah dan putih yang menjadi latar belakang lambang koperasi dapat diartikan sebagai sifat nasional Indonesia. Yang artinya, masyarakat harus bersatu padu dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. 

Walaupun kehadirannya tidak sepopuler dulu, tapi jasanya dalam membangun perekonomian rakyat serta mempertinggi kualitas kehidupan manusia, tidak perlu dipertanyakan lagi. Selamat Hari Koperasi Nasional!(*(

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan