Breaking News
---

Akhir Juli, BPS Catat Harga Cabai Merah Turun

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga cabai merah turun di pekan keempat Juli 2024. Turunnya harga itu seiring dengan berkurangnya jumlah daerah yang mengalaminya.

Akhir Juli, BPS Catat Harga Cabai Merah Turun

"Harga cabai merah tercatat turun di minggu keempat Juli. Turun 10,46 persen dibanding bulan Juni," ucap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Jakarta, Senin (29/7/2024).

Pudji merinci, harga rata-rata cabai merah di pekan keempat Juli sebesar Rp47.892 per kilogram. Besaran harga itu terpantau turun dari pekan lalu yang berkisar di angka Rp48.277 per kilogram.

Selain itu, jumlah daerah yang mengalami kenaikan harga cabai merah ada 66 kabupaten dan kota di pekan keempat Juli. Angka tersebut berkurang dari pekan sebelumnya yang terdapat sebanyak 70 daerah.

Ia meminta agar daerah-daerah terus melakukan pengendalian cabai merah. Terutama daerah yang masih mengalami kenaikan harga agar tidak berdampak pada inflasi.

Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat harga daging ayam ras turun di pekan keempat Juli 2024. Turunnya harga itu seiring dengan berkurangnya jumlah daerah yang mengalaminya.

"Harga daging ayam ras tercatat turun di minggu keempat Juli. Turun 1,29 persen dibanding bulan Juni," ucap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Jakarta, Senin (29/7/2024).

Pudji merinci, harga rata-rata daging ayam ras di pekan keempat Juli sebesar Rp37.322 per kilogram. Besaran harga itu terpantau turun dari pekan lalu yang berkisar di angka Rp37.519 per kilogram.

Selain itu, jumlah daerah yang mengalami kenaikan harga daging ayam ras mencapai 82 kabupaten dan kota di pekan keempat Juli. Angka tersebut berkurang dari pekan sebelumnya yang terdapat sebanyak 94 daerah.

Ia meminta agar daerah-daerah terus melakukan pengendalian daging ayam ras. Terutama daerah yang masih mengalami kenaikan harga agar tidak berdampak pada inflasi.(*)



Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan