Breaking News
---

Ahli: Penyakit Diabetes Sebabkan Biaya BPJS Naik

Kepala Humas BPJS Kesehatan mengungkapkan penyakit diabetes yang disebabkan minuman manis, membuat biaya BPJS naik. Kendati demikian, BPJS digadang-gadang menjadi sistem pembayaran kesehatan yang akan mengcover biaya penyakit diabetes.

Foto ilustrasi

"Dari presentase yang saya sebutkan. Dana yang dibutuhkan untuk mengcover penyakit diabetes adalah Rp101 Triliun," kata Rizzky Anugera, Kamis (11/7/2024). 

Dalam mengantisipasi peningkatan klaim dari minuman manis, pihaknya telah mengatur berbagai regulasi. Salah satunya adalah dengan membagi beberapa segemen peserta yang sehat dan juga yang berisiko terkena diabetes dengan program JKN. 

Dalam langkah preventif yang dibentuk, bagi peserta sehat akan mendapatkan serangkaian pengecekan kesehatan di mobile JKN. Sedangkan bagi peserta yang sakit akan menerima serangkaian pelayanan medis, berupa konsultasi kesehatan, pelayanan obat, hingga edukasi. 

Terkait labeling minuman manis yang akan dilakukan oleh pemerintah sebagai bentuk upaya mengurangi konsumsi gula. Pihaknya berharap mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat. 

"Ini akan menjadi penilaian kedepannya bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya labeling minuman ini, masyarakat bisa menilai dan memilah mana makanan yang berpotensi menyebabkan diabetes," ujarnya. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan